Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jember Berencana Kembangkan Wisata Pesantren

Kompas.com - 10/09/2015, 19:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Jember berencana mengembangkan konsep wisata pesantren untuk wisatawan. Ia akan menawarkan pengalaman wisata Islami sebagai alternatif wisata di Jember.

"Kita ingin menjadikan pesantren sebagai pilihan wisata. Akar pesantren kuat di Jember sudah dari tahun 1700-1800an," kata Kepala Kantor Pariwisata Kabupaten Jember, Sandi Suwardi Hasan kepada para wartawan saat ditemui di Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015).

Ia mengatakan bahwa di Jember terdapat berbagai jenis pesantren yang dapat dikunjungi. Pilihan pesantren tersebut, lanjut Sandi, yaitu pesantren tradisional, modern, serta gabungan dari tradisional dan modern untuk para wisatawan.

"Untuk menunya (atraksi wisata) banyak. Malam bisa dzikir, pagi masak dengan santri. Ada juga ke sawah membantu kiainya," katanya.

Sandi berencana akan bekerja sama dengan agen perjalanan untuk mendatangkan wisatawan ke pesantren. Menurutnya, pilihan aktivitas tersebut yang akan dijadikan alternatif wisata untuk para wisatawan. "Ada 5-6 pesantren yang dapat dijadikan tempat wisata, dari tradisional sampai modern," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com