Unik, Es Krim Ini Dikemas Mirip Tanaman di Pot Bunga

Kompas.com - 14/09/2015, 18:05 WIB
Tribun Batam/Elizagusmeri Es Pot Mak Boy, Batam.

BATAM, KOMPAS.com - Ingin menyantap cemilan yang unik di Batam? Mungkin Es Pot Makboy yang berlokasi di Jalan Raden Patah, samping kiri Studio 21 lama, Baloi, Batam, Kepulauan Riau, bisa jadi rujukan.

Es pot yang dikelola oleh seorang pemuda bernama Putra Endah Lesmana ini adalah es krim berkemasan pot kecil. Isinya dibuat mirip dengan tanaman di pot-pot bunga. Lengkap dengan aksen bunganya, batang, tanah hitam, hingga cacing.

Kecuali bunga, semua item itu bisa dimakan karena terbuat dari bahan makan. Cacing misalnya, adalah cincau yang diiris panjang. Sedangkan tanah hitam adalah bubuk biskuit Oreo.

"Tanahnya itu dari Oreo, cacingnya ada dari cincau, ada juga dari Yupi (permen kenyal). Memang sengaja kami buat semirip mungkin dengan tanaman di pot," ucap Pemilik Es Pot Makboy.

Sementara untuk pot dan bunganya hanya sebagai penghias saja. Es Pot Makboy ini cukup laris manis di Batam.

es pot
Karyawan Makboy menunjukkan Es pot dengan kemasan berbeda.  (Tribun Batam/Elizagusmeri)

Setiap hari, selalu ada pengunjung yang membeli dan bahkan persediaannya selalu habis. Daya tariknya bisa jadi karena keunikannya yang menggunakan media pot, kedua dari segi rasanya.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa memilih tiga varian es pot yang ditawarkan. Ada rasa vanila, cokelat dan stroberi. Harganya masih bisa dijangkau untuk kelas pelajar. Ditawarkan mulai Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per porsinya.

"Semua kalangan bisa. Harganya juga menjangkau untuk anak-anak sekolahan," katanya.

Kehadiran Es Pot Makboy di Batam, lanjut Putra, terinspirasi dari makanan-makanan ringan yang dilihatnya saat berkunjung ke Yogyakarta. Di sana, es dengan media pot ini cukup diminati di kalangan mahasiswa.

Selang beberapa bulan kemudian, Putra pun membuka usaha Es Pot Makboy. Untuk Batam sendiri, es dengan media pot ini masih terbilang jarang ditemui.

"Es Pot Makboy ini baru jalan dua bulan. Di Batam masih jarang. Kalaupun ada beda dengan kami," ucap Putra.

 es pot
Kesuke.  (Tribun Batam/Elizagusmeri)

Selain menyajikan Es Pot Makboy, Putra juga menyuguhkan Kesuke.  Pertama kali mendengar nama ini, mungkin yang terlintas di benak bahwa itu adalah makanan dari Jepang. Makanan ini juga masuk dalam kategori makanan tradisional yang dikreasikan Putra.

"Kesuke itu Ketan Susu Keju. Ini cemilan tradisional Indonesia karena terbuat dari ketan asli," kata Putra.

Ada 20 varian rasa Kesuke yang ditawarkan. Menyantap Kesuke ini lebih enak jika ditambah dengan kuah susu. Ada beberapa varian, seperti yang best seller antara lain ketan susu Nutela keju, Kesuke mix es krim Oreo chip cokelat, dan Kesuke pisang keju cokelat.

Seporsinya ditawarkan mulai Rp 8.000 hingga Rp 15.000. Soal nama, Mak Boy, sengaja dicari Putra agar bernuansa Melayu. Mengingatnya pun gampang. Tempat usaha es pot Makboy ini tidak mewah. Berada di ruang terbuka dengan tambahan beberapa payung besar. Namun tetap bisa memberikan kesan santai.

Ke depan, rencananya Putra akan membawa es pot Makboy ini ke suasana seperti kafe-kafe untuk lebih memanjakan konsumennya. Sama seperti Es Pot Makboy, Kesuke juga ada setiap hari. Hanya saja jam operasionalnya lebih lama. Mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB. Untuk memfasilitasi keinginan konsumennya menyantap Kesuke, Putra melayani jasa pesan antar. (Tribun Batam/Elizagusmeri)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorNi Luh Made Pertiwi F
Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X