Kompas.com - 17/09/2015, 09:28 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski masih terbilang baru dalam merintis bidang pariwisata, Kota Muntok nampaknya perlu sedikit berbangga diri. Sebab, dukungan masyarakat dari ibu kota Kabupaten Bangka Barat menjadi salah satu kunci kesuksesan mereka di bidang pariwisata.

“Satu unsur yang sangat impresif di sini adalah masyarakatnya. Bagi old town yang terpenting adalah masyarakat lokalnya. Di sini orangnya sangat open minded, saat saya ke sini rasanya sambutannya hebat, very welcoming,” kata Head of Training and Education Southeast Asia Tourist Guide Association, Erina Loo, saat menghadiri IMT-GT Homestay Fair 2015 beberapa waktu lalu.

Menurut Erina, masyarakat yang terbuka membuat mereka ramah kepada wisatawan. Hal itu pun tentu menjadi poin penting bagi sebuah obyek wisata yang tengah mencoba untuk berkembang.

Lebih lanjut Erina menjelaskan keterbukaan masyarakat Muntok terlihat apik disandingkan dengan keberagaman yang dimiliki masyarakat itu sendiri. Bayangkan saja, masyarakat Muntok terdiri dari beragam etnis dan suku namun tetap hidup dalam satu kesatuan.

And the culture, ada Melayu, Tiongkok, Arab juga, so when you have a mix culture masyarakatnya jadi open minded, mereka jadi terbuka dan mereka memperlakukan semua orang layaknya teman,” sambungnya.

Keterbukaan masyarakat Muntok juga dirasakan positif oleh Anggota World Committee on Tourism Ethics sekaligus mantan Menteri Pariwisata I Gede Ardika. Sambutan hangat begitu dirasakan Ardika meskipun dia baru beberapa hari menginjakkan kaki di Muntok.

“Kekuatan dasar dalam membangun adalah kesatuan tekad masyarakat untuk menggerakkan pariwisata. Ada semangat, partisipatif, itu jadi modal utama,” tandasnya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.