Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Sehari di Jember? Ini Panduannya

Kompas.com - 17/09/2015, 16:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Saat memiliki waktu senggang pada akhir pekan, liburan dapat menjadi satu pilihan kegiatan Anda. Terdapat pilihan berlibur ke destinasi wisata populer seperti Bali, Yogyakarta, maupun yang terdekat dari ibu kota Jakarta yaitu Bandung. Namun, Jember dapat menjadi satu destinasi wisata alternatif pada akhir pekan.

Untuk transportasi, Anda dapat memilih moda transportasi udara. Sementara rute yang ditempuh adalah Jakarta menuju Surabaya dan melanjutkan penerbangan ke Jember. Terdapat banyak pilihan maskapai yang menyediakan penerbangan ke Bandara Juanda Surabaya. Sementara penerbangan menuju Jember, Anda dapat menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Anda dapat memilih jadwal penerbangan pada pagi hari di hari Sabtu seperti maskapai Batik Air pukul 04.30 WIB dan melanjutkan perjalanan menuju Jember menggunakan maskapai Garuda Indonesia pada pukul 08.55 WIB. Anda akan tiba di Bandar Udara Notohadinegoro, Jember sekitar pukul 10.00 WIB.

Begitu tiba, Anda dapat mencari penginapan di seputar Kota Jember. Terdapat berbagai pilihan penginapan yang dapat Anda gunakan seperti Panorama Hotel Jember, Aston Jember Hotel, Bintang Mulia Hotel & Resto, dan pilihan penginapan lain. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung pilihan kamar dan waktu liburan mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Para pengunjung sedang menikmati makanan dan minuman sambil berbincang-bincang di Kafe Kolong, Jember, Kamis (10/9/2015). Sebelum menjadi kafe, kolong jembatan ini digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, tempat mabuk, dan judi.
Untuk pilihan obyek wisata di Jember, Anda dapat langsung menuju Cafe & Rest Area Gumitir yang berlokasi di perbatasan Jember & Banyuwangi. Di sana Anda dapat menikmati sejuknya berada di perkebunan teh dan kopi. Setelah itu, Anda dapat pergi ke Pantai Tanjung Papuma untuk menikmati matahari terbenam. Usai menikmati sunset, jika perut lapar, terdapat pilihan masakan laut yang ditawarkan di pinggir pantai.

Usai menikmati wisata alam, pada malam hari Anda dapat mencoba satu obyek wisata kuliner baru di Kota Jember yaitu Kafe Kolong. Anda dapat menikmati pilihan kopi dan makanan ringan sambil diiringi lantunan lagu dari para pengunjung yang sukarela bermain musik. Kafe Kolong mulai buka pada pukul 18.00 WIB - 02.00 WIB.

Setelah berwisata satu hari di Jember, Anda dapat kembali menuju penginapan dan bersiap untuk kembali pada esok hari yakni hari Minggu. Pilihan penerbangan yang dapat diambil seperti maskapai penerbangan Garuda Indonesia pada pukul 10.20 WIB dari Bandar Udara Nohadinegoro menuju Bandar Udara Juanda Surabaya. Untuk maskapai dari Surabaya menuju Jakarta, Anda dapat memilih berbagai pilihan. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com