Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September, Kunjungan Turis ke Garut Mencapai 1 Juta Orang

Kompas.com - 19/09/2015, 16:01 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke Garut hingga bulan September telah mencapai angka 1 juta orang. Pemerintah Garut mengklaim telah berhasil mencapai 50 persen dari target kunjungan wisatawan tahun 2015. "Target kita tahun ini (2015) dua juta wisatawan. Pencapaian kita sudah sekitar satu juta orang," kata Bupati Garut, Rudi Gunawan kepada wartawan saat acara "Dialog Bupati & Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut" di Kamojang Green Hotel & Resort, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/9/2015) malam.

Rudi mengungkapkan bahwa dalam angka kunjungan ke Garut sebanyak satu juta wisatawan tersebut meliputi wisatawan mancanegara dan nusantara. Ia mengatakan jika jumlah wisatawan asing per bulan mencapai angka kunjungan 1.000 wisatawan. "Kalau wisatawan asing banyak berasal dari Malaysia, Belanda, Jepang, Korea dan Amerika serta Australia," paparnya.

Untuk wisatawan nusantara, Rudi mengatakan sebagian besar berasal dari sekitar Garut seperti Jakarta, dan Bandung, Tasikmalaya. Dengan angka kunjungan tersebut, Rudi mengklaim pendapatan asli daerah Kabupaten Garut naik 100 persen yang berasal dari sektor restoran dan hotel.

KOMPAS.com/Tri Wahyuni Pemandangan Gunung Papapandayan dari kaki gunung.
Sementara kondisi geografis Kabupaten Garut yang dikelilingi gunung-gunung juga turut menjadikan daya tarik wisata. "Kalau dari kontribusi gunung-gunung di Garut, Papandayan satu bulan 40 ribu, Cikurai 1.000 orang dalam satu bulan," katanya.

Sekretaris Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut, Yanto mengatakan kepada KompasTravel bahwa animo wisatawan untuk berkunjung ke Garut cukup bagus. Hal itu diungkapkan berdasarkan dari tingkat okupansi penginapan yang ada di Garut. "Untuk akhir pekan (okupansi) bisa sampai 90 persen," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com