Kolaka Juga Punya Obyek Wisata Air Terjun

Kompas.com - 20/09/2015, 14:46 WIB
Satu dari tiga deretan air terjun di Gunung Ulunggulaka, Kolaka, Sulawesi Tenggara. ARSIP DISBUDPAR KOLAKASatu dari tiga deretan air terjun di Gunung Ulunggulaka, Kolaka, Sulawesi Tenggara.
|
EditorI Made Asdhiana
KOLAKA, KOMPAS.com – Selain memiliki wisata bahari, sejarah, budaya dan obyek wisata pantai, Kolaka juga menawarkan satu obyek wisata yang tidak kalah menarik. Yaitu wisata Air Terjun Ulunggulaka, yang terletak di Kelurahan Ulunggulaka. Keberadaan air terjun ini seakan melengkapi pilihan anda untuk berwisata di kota yang dikenal juga sebagai "Wonua Sorume" atau "Negeri Anggrek" ini.

Ketika mengunjungi Air Terjun Ulunggulaka ada jaminan kepuasan yang ditawarkan. Pasalnya sebelum mencapai tempat wisata air terjun, para pengunjung terlebih dahulu harus melewati hutan tropis yang juga menawarkan kesejukan luar biasa, kesegaran udara yang jauh dari polusi serta rutinitas perkotaan.

Bukan hanya itu, pengunjung juga dapat menjumpai permandian air panas yang memang langsung keluar dari punjak Gunung Ulunggulaka. Belum lagi deretan gazebo yang memang disiapkan bagi para wisatawan. Setelah melalui semua itu barulah pengunjung dapat menjumpai Air Terjun Ulunggulaka yang diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Namun memang jarak dari tempat air panas belerang dan bumi perkemahan (yang terdapat gazebo) tempat air terjun ini terbilang sedikit jauh. Tempat ini memang sangat cocok bagi anda yang telah menjalani serangkaian rutinitas, yang membuat tubuh dan pikiran lelah.

Bio, Ssalah satu penduduk lokal di Kelurahan Ulunggulaka mengungkapkan bahwa wisata Air Terjun Ulunggulaka memang belum banyak dijamah oleh wisatawan. “Masih sangat kurang orang yang datang ke tempat itu pak. Kayaknya kurang promosi. Tetapi kalau bicara keindahan saya menjamin di atas itu sangat bagus. Jadi bisa dikatakan masih perawan,” katanya kepada KompasTravel.

Wisata air terjun ini juga sebenanrya bisa menjadi destinasi wisata keluarga. Sebab dengan panorama yang menakjubkan dan kelestarian alam bisa dijadikan wadah pengenalan alam kepada anak-anak. Jika beruntung pengunjung dapat menyaksikan secara langsung binatang endemik yang ada di Kolaka, seperti burung rangkong sulawesi yang kini memang sudah langka dan dinyatakan sebagai binatang yang dilindungi.

Tidak hanya itu, jika berkunjung ke Air Terjun Ulunggulaka pengunjung juga disuguhkan perjalanan yang mantang. “Kalau mau jalan yang sedikit ekstrem kita bisa melewati lorong bebatuan yang menjulang tinggi yang dilapisi lumut-lumut hijau. Ada juga jembatan patah hati. Jalur ini sangat cocok bagi yang suka berpetualang. Kalau mau yang normal bisa juga melewati hutan tropis itu,” jelas Bio, warga lokal yang bermukim di kaki Gunung Ulunggulaka.

Setidaknya keberadaan Air Terjun Ulunggulaka bisa menjadi referensi dalam agenda wisata anda. Berjarak sekitar 60 kilometer dari Bandar Udara Sangia Nibandera dan jarak tempuh yang hanya sekitar 10 kilometer dari pusat kota menandakan air terjun ini terbilang gampang untuk dijangkau wisatawan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X