Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2015, 10:16 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Obyek wisata bahari satu ini bisa disebut tertua di Kota Lhokseumawe, Aceh. Namanya Ujong Blang. Itu merujuk ke nama desa di Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe.

Pagi itu, di sela bekapan kabut asap, puluhan warga memadati obyek wisata itu. Letaknya sekitar 300 meter arah Utara, Kota Lhokseumawe. Di situ, semilir angin dan rinai hujan tak menyurutkan semangat warga untuk bermandi ria. Debur ombak perlahan menyapu pesisir pantai. Beberapa bocah kecil berlarian dikejar ombak.

Sepanjang pantai berjejer warung-warung kecil yang menyediakan tempat duduk, rujak khas Aceh, aneka minuman ringan dan tentu kelapa muda segar.

KOMPAS.COM/MASRIADI Ujong Blang, obyek wisata bahari di Kota Lhokseumawe, Aceh.
Jika ke pantai itu, rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati pedasnya rujak Aceh itu. Selain itu, warga lokal juga menyiapkan banana boat dan boat biasa untuk warga yang ingin mencoba tantangan membelah laut.

Salah seorang pedagang rujak, Mariani kepada KompasTravel, Minggu (20/9/2015), menyebutkan untuk rujak mereka menjual seharga Rp 10.000 per piring kecil, sedangkan kelapa muda seharga Rp 7.000.

Sementara untuk menaiki banana boat dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang selama 10-15 menit membelah ombak perairan Selat Malaka. Sesekali terdengar jeritan dari pengunjung ketika banana boat memutar arah dan melawan ombak.

“Sekitar tahun 80-an pantai ini lebih indah. Panjang pantai sekitar dua atau tiga kilometer. Masih banyak bakau dan pohon kelapa yang tumbuh. Kini akibat abrasi, semua tumbuhan itu berubah menjadi laut,” kata Mariani.

KOMPAS.COM/MASRIADI Kelapa muda dan rujak aceh yang dijual di Ujong Blang, obyek wisata bahari di Kota Lhokseumawe, Aceh.
Bahkan ketika konflik bersenjata terjadi di Aceh, Ujong Blang tetap menjadi pilihan utama bagi warga setempat. Suasana saat itu tak menyurutkan minat warga mendatangi obyek wisata Ujong Blang.

Meski Ujong Blang tak seindah dulu, pesonanya masih menarik perhatian warga. Saban sore, warga menyaksikan matahari tenggelam sembari duduk bersantai di atas tanggul penahan abrasi pantai.

Kaum tua dan muda menyemut di bibir pantai itu. Menikmati keindahan pesona alam yang membentang. Kini, meski kabut asap melanda kota itu, pesona Ujong Blang tetap tak terkalahkan oleh bencana alam itu.

KOMPAS.COM/MASRIADI Ujong Blang, obyek wisata bahari di Kota Lhokseumawe, Aceh.
“Kita harap ke depan, pemerintah turut menanam pohon agar obyek wisata ini semakin indah. Ini salah satu ciri khas Lhokseumawe yang patut terus dijaga,” pungkas Halida Bahri, salah seorang pengunjung di lokasi wisata itu.

Jika Anda ke Lhokseumawe, maka lengkapilah kunjungan Anda ke obyek wisata Ujong Blang. Sialakan nikmati pedasnya rujak di tengah sepoi angin yang menyapu wajah. Selamat menikmati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+