Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan KBT Jadi Tempat Wisata Olahraga Lari

Kompas.com - 21/09/2015, 17:14 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wilayah Jakarta Timur belum optimal digunakan untuk wisata olahraga lari. Hal tersebut menjadi pertimbangan Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur, menjadi tempat acara wisata olahraga lari gembira (fun run) BKT 5K Festival pada 27 September 2015.

"Biasanya kita lihat penyelenggaraannya (lari) cuma di Monas, Sudirman, dan Senayan. Wilayah Jakarta Timur menjadi perhatian," kata Presiden Director & CEO Inspiro Group Ndang Mawardi, yang merupakan promotor BKT 5K Festival Jumpa Pers "Jakarta BKT 5K Festival: Menuju Wisata Sungai di Wilayah DKI Jakarta" di Balairung Soesilo Soedirman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Ia beralasan sebenarnya lokasi Kanal Banjir Timur itu unik karena terdapat banyak penjual sentra kerajinan tangan. Oleh karena itu, Ndang juga mengatakan akan menonjolkan produk-produk seperti kuliner, batu akik, dan produk lain pada acara BKT 5K Festival. "Di samping itu, kami ingin berdayakan masyarakat sekitar untuk hadir (di acara lari)," katanya.

Ia pun berharap wilayah Kanal Banjir Timur dapat menjadi obyek wisata olahraga bagi masyarakat Jakarta. Ia memberi contoh, jika di luar negeri, orang-orang bisa menikmati keindahan sebuah kota dengan menyusuri sungai serta menemukan sentra kuliner atau tempat-tempat wisata. Wilayah di sepanjang Kanal Banjir Timur sendiri memiliki potensi untuk menjadi obyek wisata lari.

KOMPAS/SUSI IVVATY Suasana nongkrong di pinggir kanal banjir timur.
Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Indonesia Fathul Bahri menambahkan bahwa Kanal Banjir Timur memiliki panjang hampir 24 km, baik di sisi kanan maupun kiri wilayah KBT yang dapat digunakan jadi tempat lari. "Kanal Banjir Timur ini cocok jadi embrio wisata olahraga lari," jelasnya.

BKT 5K Festival merupakan acara lari sejauh 5 kilometer dengan rute di sekitar Kanal Banjir Timur yang dimulai di dekat Pintu Air KBT, Jalan Jenderal RS Soekanto. Sekitar 2.000 peserta diklaim akan ikut dalam perhelatan acara lari gembira yang baru pertama kali diadakan di Kanal Banjir Timur ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com