Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Pear dan Persik dari Fukushima

Kompas.com - 26/09/2015, 04:16 WIB

Pada 3 September 2015, saya dan beberapa orang yang mengikuti seminar Fukushoma Peach & Pear yang diselenggarakan oleh Prefektur Fukushima. Tujuannya,  ingin memperkenalkan buah peach (persik) dan Pear dari Fukushima. Seorang lelaki bernama Tadao kato, menjadi pembicara mengenai seluk beluk buah berasa manis dengan latar asam yang tipis itu.

Ya..ya, siang itu sejenak kami melupakan tanah tempat dua buah-buahan itu ditumbuhkan: Fukushima! Secara meyakinkan, Tadao menerangkan bahwa buah-buahan dari Fukushima sudah aman untuk dikonsumsi, karena sudah melalui pemeriksaan radioaktif yang ketat.

Padahal selama ini, semua yang berkait dengan Fukushima selalu mengingatkan kita pada bencana bocornya reaktor nuklir Fukushima empat tahun lalu.

Seperti kita tahu, dampak bencana nuklir Fukushima Daiichi tidak hanya menyerang manusia, melainkan juga berdampak terhadap beberapa tumbuhan sayuran, buah-buahan serta bunga di salah satu daerah di Fukushima. Hal ini diketahui dari beberapa foto yang pernah dilansir sebuah situs Korea. Situs ini telah menerbitkan gambar bunga, sayur, dan buah dengan bentuk aneh.

Seperti yang dilansir Daily Mail, buah mutan ini memiliki beragam bentuk yang unik. Beberapa di antaranya, terdapat buah tomat mutan, tomat dengan bentuk abstrak yang sangat besar. Terdapat juga buah peach mutan, yang terlihat seperti angka delapan. Lobak mutan dengan bentuk mirip tangan dengan lima jari. Ada juga buah jeruk mutan yang berbentuk seperti empat buah jeruk yang bergabung menjadi satu. Tak hanya itu, terdapat juga sebuah bunga matahari tumbuh dari tengah-tengah bunga matahari lainnya.

Belum diketahui dari perkebunan mana asal buah-buah mutan ini. Diduga ini merupakan efek kebocoran nuklir di Fukushima, Jepang. Mutasi genetik yang terjadi pada tanaman akan menghasilkan bentuk yang aneh dan beda dari tumbuhan normal. Tidak hanya buah yang mengalami mutasi genetik. Tanaman bunga pun dapat terpengaruh efek nuklir.

Bencana nuklir Fukushima Daiichi yang terjadi pada tanggal 11 Maret 2011 adalah sebuah rentetan kegagalan perangkat, kebocoran nuklir, dan pelepasan material radioaktif di Pembangkit Listrik Nuklir Fukushima I, yang disebabkan karena gempa bumi berkekuatan 8,9 skala richter dan tsunami Tahoku. Bencana ini merenggut nyawa 18.500 orang dan merupakan bencana nuklir terbesar sejak krisis Chernobyl pada tahun 1986.

Lebih dari 100 anak di Jepang didiagnosa terkena kanker tiroid, setelah reaktor nuklir Fukushima bocor empat tahun lalu. Sejumlah anak yang terancam terkena kanker bisa bertambah. Dari tujuh wilayah rawan, ada sekitar 300 ribu anak.

Krisis nuklir Fukushima adalah bencana nuklir terburuk kedua di dunia setelah krisis nuklir Chernobyl.

***

Fukushima merupakan prefektur paling selatan wilayah Tohoku, dan merupakan wilayah Tohoku yang paling dekat dengan Tokyo. Prefektur ini terbagi deretan pegunungan menjadi tiga wilayah, yaitu (dari barat ke timur) Aizu, Nakadori, dan Hamadori. Wilayah pantai wilayah Hamadori menghadap ke Samudera Pasifik, dan merupakan daerah yang paling datar dan beriklim sedang. Kota kota Fukushima yang merupakan ibu kota prefektur terletak di wilayah Nakadori yang merupakan pusat produksi pertanian. Wilayah Aizu yang berpegunungan memiliki danau dengan pemandangan yang indah, hutan yang lebat, dan musim dingin yang bersalju.

Maka di tanah yang subur itulah, Tuhan menumbuhkan aneka tanaman. Di antaranya buah-buahan yang lezat rasanya. Di sana tumbuh pohon buah Nashi (Jepang Pear). Meskipun nashi sangat mirip dengan pir Barat, ada sejumlah perbedaan signifikan. Dibandingkan dengan buah pir Barat, nashi lebih besar, crispier dan memiliki rasa yang sama tetapi lebih ringan dan kulit kasar. Selanjutnya, mereka berbentuk bola daripada “berbentuk buah pir”.

Nashi berada di musim selama akhir musim panas dan musim gugur dan biasanya dimakan dengan cara dikupas. Tanaman ini telah dibudidayakan oleh orang Jepang sejak masa pra-sejarah. Pir Barat juga tersedia di dalam negeri, dan dikenal sebagai yonashi (pir Barat).
    
Buah lain yang sangat terkenal adalah Ringo (Apel). Luas budidaya apel di Jepang dimulai pada Periode Meiji (1868-1912). Kini, apel adalah salah satu buah yang paling populer di Jepang, dan salah satu dari beberapa buah yang diekspor ke luar negeri dalam jumlah besar. Di Jepang, apel umumnya dimakan mentah setelah mengelupas. Mereka berada dalam musim selama musim gugur dan awal musim dingin.

Di antara banyak varietas apel adalah apel berwarna merah dan renyah yang terkenal dengan sebutan apel fuji. Bentuknya besar dan paling populer. Sering diyakini sebagai ikon Gunung Fuji. Ada juga buah Kaki (Kesemek Jepang). Kaki mirip dengan nashi dan apel dalam bentuk, ukuran, kerenyahan dan cara mereka dimakan. Kaki paling sering dinikmati mentah setelah dikupas dan dipotong-potong. Awalnya berasal dari Cina, kaki telah dibudidayakan di Jepang sejak abad ke-7 .

Momo atau Peach (Persik) juga tumbuh subur di Fukushima. Persik Jepang umumnya lebih besar, lebih lembut dan lebih mahal dibandingkan persik Barat. Daging persik Jepang biasanya putih dan kuning. Persik biasanya dimakan mentah setelah dikupas. Persik Jepang berbuah selama musim panas. Persik diperkenalkan dari China pada awal Periode Yayoi (300 SM-300 M).
    
Selain buah-buahan di atas, Fukushima juga menghasilkan buah-buahan yang terkenal lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com