Ragam Paket Wisata Destinasi Eksotis di Indonesia Timur, Mau?

Kompas.com - 27/09/2015, 12:01 WIB
Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. GEAFRY NECOLSENPulau Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata ke luar negeri? boleh saja. Tapi jangan bilang karena wisata di Indonesia membosankan. Ada banyak sekali pulau dan potensi wisata di Indonesia yang 'minim jamah' atau sepi pengunjung, terutama di Indonesia Timur. Beruntung, hal ini justru membuat destinasi-destinasi ini terjaga dan tetap eksotis.

"Saat yang lain sibuk menawarkan wisata luar negeri, kita mau fokus ke destinasi Indonesia khususnya Indonesia Timur mas," ujar Co Founder Kakaban Tour and Travel, Abdul Malik saat diwawancara di stan Kakabantrip, Garuda Indonesia Travel Fair (GATF), di JCC Senayan, Sabtu (26/9/2015).

Ya, Kakaban adalah salah satu biro wisata yang fokus membuka berbagai destinasi di Indonesia Timur. Ada banyak destinasi seru yang ditawarkan dengan harga terjangkau, misalnya paket "Happy Maratua Trip". Pulau Derawan, Kakaban, Sangalaki, Maratua, dan Nabucco adalah lima pulau yang saling berdekatan di wilayah Kalimantan Timur. Kelima pulau ini sering mendapat julukan 'Maladewa-nya Indonesia'.

Maladewa sendiri adalah negara kepulauan di Asia Selatan dengan pemandangan dan penginapan di atas air laut yang indah. Dalam paket "Happy Maratua Trip", peserta akan menikmati pemandangan indah pada setiap pulau. Peserta juga dapat menikmati berbagai aktivitas seperti 'tracking' dan bermain di pantai. Atau bisa menikmati snorkeling dan menyelam.

Namun dua aktivitas ini tak termasuk dalam paket. Wisata akan berlangsung selama 4 hari 3 malam dengan harga paling murah Rp 5.250.000 per orang. Ini sudah termasuk penerbangan pulang-pergi Jakarta-Tarakan. Kemudian penyeberangan Tarakan-Maratua. Makan tiga kali sehari dan sewa feri untuk keliling pulau di sana.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan asing dalam perjalanan menuju Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/5/2014).
Akomodasi yang disediakan ialah home stay dengan kipas angin dan kamar mandi pribadi. Atau pengunjung dapat memilih harga Rp 6.250.000 per orang untuk mendapat penginapan di Maratua Paradise Resort bagian tepi pantai. Fasilitas sudah termasuk kamar dengan AC dan kamar mandi pribadi.

Ada juga paket seharga Rp 6.750.000 per orang untuk mendapat kamar yang berada di atas air. Selain Kalimantan Timur, ada juga paket "Sailing Komodo Island" empat hari tiga malam. Ini lebih menarik lagi karena peserta akan menginap di pinisi selama dua malam dan di hotel. Satu kamar untuk dua orang. Tak perlu mengunpulkan rombongan, peserta dapat mengikuti paket sendirian. Nanti akan digabung dengan peserta lain, atau istilahnya joint trip. "Daftar sendiri juga bisa berangkat," jelas Malik.

Untuk paket Pulau Komodo ini, per orang dikenakan biaya sebesar Rp 8.250.000. Harga sudah termasuk transportasi dari Jakarta, akomodasi, makan tiga kali sehari, dan pemandu lokal. Jika ingin mendapat kamar pribadi sendiri, peserta bisa menambah biaya Rp 800.000.

Ada juga pilihan wisata ke Lembah Baliem, Wamena. Menurut Malik, orang biasanya ramai ke Lembah Baliem untuk menyaksikan tradisi khas Suku Dani yakni bakar batu. Paket wisata ini menawarkan 'tontonan' Tradisi Bakar Batu tersebut. "Tradisi bakar batu itu tradisi khas Suku Dani. Berlangsung sampai 4 jam, biasanya terdiri dari perang-perangan, tari-tarian, gali lubang, bakar batu, panah babi, bakar sama umbi-umbian," terang Malik.

BARRY KUSUMA Festival Lembah Baliem di Kabupaten Wamena, Papua, berlangsung 6-8 Agustus 2015.
Tak hanya budaya, Lembah Baliem juga menawarkan pemandangan indah. Peserta dapat melakukan aktivitas seperti 'tracking', susur sungai, dan lembah. Paket ditawarkan seharga Rp 14.000.000 per orang. Kakaban juga baru membuka paket wisata baru ke Pulau Morotai, Ternate, dan Halmahera di Maluku Utara seharga Rp 6.950.000 per orang. Atau paket Raja Ampat mulai dari Rp 14.050.000 per orang untuk 5 hari 4 malam.

Malik memastikan setiap paketnya sudah bekerja sama dengan pemandu lokal. Selama acara GATF, Kakaban menyediakan promo potongan harga Rp 200.000 untuk setiap paketnya.
"Promonya hanya potongan Rp 200.000 per paket," ujarnya.

Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) adalah perhelatan pameran wisata yang diselenggarakan Garuda Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Acara ini berlangsung 25-27 September 2015 dengan harga tiket masuk Rp 30.000.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X