Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cirebon Andalkan Wisata Sejarah

Kompas.com - 27/09/2015, 16:25 WIB
CIREBON, KOMPAS.com - Pemkot Cirebon, Jawa Barat, sampai saat ini masih mengandalkan situs sejarah sebagai obyek wisata karena kota tersebut memiliki 71 situs sejarah.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dana Kartiman di Cirebon, Sabtu (26/9/2015), menuturkan bahwa kota Cirebon adalah kota wisata sejarah, dimana kota ini dahulu adalah sebuah kerajaan, jadi situs sejarah yang paling mendominasi pariwisata kota ini. "Situs-situs peninggalan itu di masa kerajaan dan masa kolonial Belanda," katanya.

Dia melanjutkan, selain wisata sejarah Pemerintah Kota Cirebon akan menambah wisata lain, seperti wisata budaya masyarakat yaitu wisata festival pesisiran yang akan diangkat menjadi destinasi pariwisata baru di Cirebon.

"Kami akan menambah destinasi wisata baru yaitu berupa wisata budaya syukuran nelayan 'nadran', yang akan diadakan setiap satu tahun sekali dan semoga ini menjadi wisata baru yang disukai masyarakat," katanya.

BARRY KUSUMA Kota Cirebon kaya dengan bangunan-bangunan bersejarah.
Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Jaja Suleman mengatakan, festival ini merupakan rasa syukur para nelayan dengan rezeki yang diberikan oleh Sang Pencipta. "Nadran" inilah bentuk rasa syukur tersebut.

Dia menuturkan bahwa terselenggaranya festival pesisiran tahun ini adalah kerja sama antara Pemkot dan para kelompok nelayan yang jumlahnya ada 32 yang terebar di empat titik, yaitu Cangkol, kejawanan, Pesisir dan Samadikun.

"Kami mengharapkan dengan adanya festival pesisiran ini bisa menjadi promosi wisata, sehingga akan banyak pengunjung yang datang ke kota Cirebon," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com