Kompas.com - 29/09/2015, 17:02 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com — Mereka yang ingin menikmati aneka rasa kopi Indonesia bisa datang ke Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, pada tanggal 1 Oktober 2015. Anda dapat menikmati aneka jenis kopi secara gratis dalam rangka acara Pencanangan Hari Kopi Internasional di Indonesia.

Acara minum kopi gratis ini akan diselenggarakan di Gedung Garuda lantai 2 di Kementerian Perindustrian di Jalan Gatot Subroto Kav 52-53, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Pengunjung bisa mulai datang pada pukul 10.00 WIB hingga ditutup nanti pada pukul 15.00 WIB.

"Nanti (pengunjung) bisa minum kopi gratis dari daerah-daerah di Indonesia. Ada kopi yang terpilih, Gayo, Lintong dari Sumatera Utara, dan Lampung, serta kopi-kopi lain," kata Direktur Industri Minuman dan Tembakau Kementerian Perindustrian Faiz Achmad saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Ia sempat menyebutkan kopi Indonesia dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, hingga Papua, seperti Priangan, Temanggung, Kintamani, Toraja, Kalosi, Bajawa, dan Wamena. Namun, ia belum dapat memastikan kehadiran kopi-kopi tersebut dalam acara minum kopi gratis.

"Saya belum pastikan. Masih kontak asosiasi (kopi) dulu," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan, para pengunjung yang ingin datang tak perlu menyiapkan apa pun untuk dapat menikmati kopi-kopi dari Indonesia tersebut. Faiz menambahkan, terdapat juga pilihan olahan minuman berbahan kopi, seperti cappucino dan moccacino yang dapat dinikmati pengunjung.

Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia, menurut Faiz, menduduki peringkat kelima dalam daftar negara-negara penghasil kopi. Peringkat pertama diduduki oleh Brasil, kemudian diikuti oleh Vietnam, Kolombia, dan Jerman secara berurutan.

Berdasarkan konvensi organisasi kopi dunia, International Coffee Organization, perayaan hari kopi disepakati jatuh pada tanggal 1 Oktober, dan kali pertama dicanangkan pada tahun 2015. Sebelumnya, lanjut Faiz, negara-negara lain di dunia telah merayakan hari kopi dengan tanggal yang berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.