Kompas.com - 29/09/2015, 21:15 WIB
Kopi Toraja bagi pecinta kopi di Saudagar Kopi. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANKopi Toraja bagi pecinta kopi di Saudagar Kopi.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 13 kopi dari Indonesia akan dihadirkan dalam acara minum kopi gratis pada Kamis (1/10/2015) di Gedung Garuda Lantai 2, Kementerian Perindustrian, Jakarta. Pengunjung dapat menikmati kopi-kopi Indonesia yang berasal dari Aceh hingga Flores.

Informasi yang didapatkan KompasTravel, jenis-jenis kopi yang disajikan dengan jenis Robusta dan Arabica yaitu Sumatera Arabica Gayo Coffee, Sumatera Arabica Lintong Coffee, Sumatera Arabica Solok Surian Coffee, Sumatera IndoArabica Mangkuraja Coffee, West Java Arabica Manglayang Coffee, Java Arabica Kayumas Estate Coffee, Java Arabica Blawan Estate Coffee, Java Arabican Pancur-Angkrek Coffee, Java Arabica Sindoro-Sumbing Coffee, Bali Arabica Kintamani Coffee, Flores Arabica Bajawa Coffee, Sumatera Robusta Bengkulu Coffee "Kaba Mountain" Coffee, dan Java Robusta Bangelan Estate R/WP-1L.

"Pengunjung tinggal datang dan antre. Bisa milih juga kopi mix, spesial, dan juga panas maupun dingin," kata Direktur Industri Minuman dan Tembakau, Faiz Achmad saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Kopi dan biji kopi produksi dari kebun di Vila MesaStila, Magelang, Jawa Tengah, Senin (13/10/2014). Vila MesaStila dahulu merupakan rumah pemilik kebun kopi asal Belanda, Gustav Van Der Swan tahun 1928 dan pernah berpindah kepemilikan pada HOS Cokroaminoto.
Ia mengatakan setiap varian kopi-kopi Indonesia disediakan sebanyak satu kilogram untuk para pengunjung. Faiz memperkirakan setiap satu kilogram kopi dapat diseduh menjadi 80 gelas. "Ya kira-kira bisa 1.000 gelas. Tapi kita antisipasi sampai 2.000 gelas untuk pengunjung," ujarnya.

Acara minum kopi gratis diselenggarakan dalam rangka Pencanangan Hari Kopi Internasional di Indonesia. Pengunjung bisa mulai datang pada pukul 10.00 WIB hingga ditutup nanti pada pukul 15.00 WIB. Acara ini diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan asosiasi-asosiasi kopi di Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.