Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Janji Tingkatkan Anggaran Promosi Pariwisata Sulsel

Kompas.com - 30/09/2015, 11:44 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berjanji akan meningkatkan anggaran promosi pariwisata untuk Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). "Tahun ini untuk Sulsel Rp 10 miliar (anggaran promosi pariwisata), untuk tahun depan bisa lebih tiga kali lipat, lebih dari Rp 30 miliar," kata Arief Yahya seusai membuka Seminar Pariwisata bertema "Memajukan Industri Pariwisata di Timur Indonesia" yang diselenggarakan oleh KOJI Communications, Sucofindo dan PHRI Sulsel, di Makassar, Selasa (29/9/2015).

Anggaran promosi tersebut, menurut Menpar, akan lebih banyak diarahkan pada tiga destinasi wisata utama di Sulsel, yaitu Toraja, Taka Bonerate, dan Rammang-Rammang. "Ini sesuai dengan permintaan gubernur," katanya.

Selain promosi, lanjut Arief, tahun depan pihaknya juga akan membuatkan rencana induk pengembangan pariwisata di tiga destinasi tersebut.

Dengan memiliki rencana induk pengembangan pariwisata, nantinya akan lebih memudahkan untuk mencari investor dan membangun infrastruktur ke lokasi tersebut.

Arief memaparkan, Kemenpar telah menetapkan strategi untuk pengembangan daerah pariwisata yaitu dengan mengedepankan infrastruktur. "Kalau infrastruktur siap baru kita akan membangun pariwisata di situ, karena kita tahu pariwisata itu bukan kebutuhan dasar," ujarnya.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Menyusuri Rammang-Rammang di kawasan karst di Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan.
Menanggapi hal ini, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyambut positif dukungan Menpar Arief Yahya terhadap pengembangan pariwisata Sulsel. "Saya sangat senang mendengar apa yang disampaikan oleh Pak Menteri. Kementerian Pariwisata memberikan program-program dan dukungan yang jelas untuk pengembangan wisata di daerah," kata Syahrul.

Ia melanjutkan, apa yang baru saja disampaikan oleh Menpar adalah sesuatu yang memang dibutuhkan oleh daerah.

Gubernur Sulsel menambahkan, pihaknya akan memaksimalkan dukungan anggaran yang diberikan sehingga benar-benar dapat mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di Sulsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com