Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh, Sumut, dan Jabar, Destinasi Wisata Kopi Indonesia

Kompas.com - 30/09/2015, 12:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aceh, Sumatera Utara, dan Jawa Barat dianggap sebagai destinasi wisata kopi yang menarik untuk wisatawan mancanegara (wisman). Destinasi tersebut memiliki syarat geografis yang cocok untuk menghasilkan kopi yang berkualitas dan bisa dicicipi oleh wisman.

"Kita sarankan pergi ke daerah yang punya indikasi geografi (penanaman kopi) seperti Lintong, Gayo, dan Sidikalang," kata Direktur Industri Minuman dan Tembakau Kementerian Perindustrian, Faiz Achmad saat dihubungi KompasTravel, di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Faiz mengatakan maksud dari indikasi geografis adalah mengenai asal kopi tersebut, ketinggian penanaman, jenis kopi, dan jaminan kualitas kopi. Indikasi tersebut dapat menjamin kebutuhan wisman yang ingin menikmati wisata kopi di Indonesia. "Nah nanti di perkebunan kopinya, ada tempat untuk mencoba kopi yang ditanam," katanya.

Faiz menambahkan dalam wisata kopi tersebut, wisman dapat melihat proses penanaman, pengolahan kopi, dan juga membeli kopi untuk dibawa pulang ke negara asal. Dampaknya, lanjut dia, kopi-kopi Indonesia dapat terpromosikan sebagai daya tarik kuliner. "Potensi wisata kopi Indonesia kita sangat tinggi dengan daerah-daerah lain penghasil kopi yang terbaik," lanjutnya.

KOMPAS/MOHAMAD BURHANUDIN Ilustrasi kopi
Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia, Syarifuddin menambahkan daerah-daerah tersebut telah memiliki infrastruktur yang cukup. Dalam pengalamannya membawa calon pembeli kopi dari mancanegara, ia mengakui infrastruktur di daerah dekat penghasil kopi sudah baik. "Jalan sekarang lumayan bagus daripada dulu masih becek," kata Syarifuddin kepada KompasTravel.

Dalam rangka Pencanangan Hari Kopi Internasional di Indonesia, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian beserta asosiasi kopi menyelenggarakan acara minum kopi gratis di Gedung Garuda Lantai 2 di Kementerian Perindustrian di Jalan Gatot Subroto Kav 52-53, Jakarta. Pengunjung bisa mulai datang pada Kamis (1/10/2015) pukul 10.00 WIB hingga ditutup pada pukul 15.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com