Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidar Travel Mart Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 01/10/2015, 12:06 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Kota Magelang, Heri Nugroho mengatakan kegiatan "Tidar Travel Mart" sebagai ajang pertemuan penjual dan pembeli di bidang pariwisata bakal diadakan di Kota Magelang untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Heri di Magelang, Rabu (30/9/2015), mengatakan kegiatan "Tidar Travel Mart" (TTM) bakal berlangsung di Hotel Atria Magelang pada 24-25 Oktober 2015.

"Kami perlu menyampaikannya dari awal untuk menarik minat penjual dan pembeli agar terlibat. TTM itu ibaratnya pasar bagi pelaku bisnis pariwisata, di mana ada penjual dan pembeli yang langsung bertatap muka," ujar pemilik Dimensi Tour Magelang ini.

Ia mengatakan TTM lahir dari keinginan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Magelang, khususnya wilayah Kota Magelang. Pihaknya sangat mendorong pelaku wisata di dalam kota untuk ikut sebagai penjual.

Dokumentasi Progo Rafting Magelang Wisata arung jeram di Kali Progo, Magelang, Jawa Tengah.
Menurut Heri, kegiatan ini merupakan kesempatan promosi produk wisata ke pembeli dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Banjarmasin, dan daerah lain di luar Pulau Jawa.

"Jangan mau kalah dari 'seller' luar Magelang yang sudah sangat antusias ikut kegiatan ini," ucapnya.

Diakui Heri TTM memang tidak sebesar Borobudur Travel Mart (BTM), tetapi bakal mampu memberi pengaruh besar bagi pariwisata lokal Magelang. Apalagi, masih banyak potensi pariwisata lain selain Candi Borobudur yang layak dipromosikan.

"Target seller sekitar 50 peserta, terdiri dari hotel, restoran, obyek wisata, toko oleh-oleh, rafting, dan lainnya. Target buyer sekitar 100 peserta. Sejauh ini, seller dari dalam kota belum terlihat gairahnya dibanding dari luar kota, seperti Semarang dan Yogyakarta," imbuhnya.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Eko Pramono, karyawan Google Street View, menggendong alat Street View Trekker yang digunakan untuk mengambil imaji panorama dengan sudut 360 derajat di Candi Borobudur, Jawa Tengah, Minggu (27/9/2015). Alat berupa kamera dengan 15 lensa itu memungkinkan pengambilan gambar 360 derajat di jalur yang dilewati pengguna alat itu.
Ia menuturkan selama dua hari para buyer mengikuti kegiatan utama "travel mart" dan "table top". Kemudian mereka diajak keliling tempat wisata di Kota Magelang, seperti Gunung Tidar, museum, kota tua, dan rafting atau arung jeram.

"Kami berharap buyer mendapat kesan positif. Target utamanya, mereka sekaligus membeli paket wisata yang ditawarkan seller atau baru sekadar mencatat paket mana saja yang potensial. Selanjutnya, mereka akan membawa wisatawan berkunjung ke Magelang," tambah Heri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com