Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Segelas Kopi Rasa Durian

Kompas.com - 01/10/2015, 16:33 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika biasanya minum kopi hitam dari daerah seperti dari Gayo, Toraja, Bajawa, Lombok, atau dari daerah penghasil kopi lain, ada pilihan lain yaitu kopi mix dengan rasa buah-buahan seperti durian. Secara aroma dan rasa, ketika lidah mulai mencecap, rasa durian terasa kuat.

Kopi dengan rasa dan aroma durian ini adalah MyBio Durian Coffee. KompasTravel sempat mencicipi segelas kopi rasa durian pada acara "Minum Kopi Gratis" dalam rangka pencanangan Hari Kopi Internasional di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Pilihan kopi durian yang KompasTravel coba adalah dengan penyajian secara dingin. Dari kopi durian yang tersaji, aroma buah durian terhirup cukup harum. Wanginya seperti sedang menikmati pilihan buah dengan khas berkulit tajam ini.

Brand Marketing Executive PT Adi Jaya Naturindo, Selma Trinitasari kepada KompasTravel mengatakan pilihan kopi rasa durian ini hadir untuk melengkapi sajian kopi mix seperti cappucinno, vanilla latte, dan pilihan minuman olahan kopi lain. Ia menambahkan jika pilihan kopi ini adalah cara unik bagi pengunjung untuk menikmati durian.

Sementara penyajian kopi durian, Selma mengatakan dapat disajikan secara panas maupun dingin. "Namun, lebih berasa aroma duriannya kalau disajikan secara panas," ujarnya.

"Untuk ekstrak durian, kita pakai durian lokal dari Medan," tambahnya.

KompasTravel juga sempat mencicipi kopi durian dengan disajikan secara panas. Aroma kopi yang tercium lebih kuat. Perlu diaduk terlebih dahulu sebelum mulai mencicipi agar rasa kopi durian dengan sajian panas bisa lebih terasa. Ada sensasi pahit dengan selintasan rasa manis.

Selma menjelaskan MyBio Coffee Durian ini telah hadir sejak tahun 2011. Ia mengatakan para penikmat kopi bisa mendapatkan kopi durian ini di supermarket-supermarket di seluruh Indonesia. Untuk harga MyBio Durian Coffee, dibanderol Rp 35.000 per kotak dengan isi 5 sachet. Selain kopi dengan rasa dan aroma durian, terdapat lima varian kopi rasa buah lain. Selma mengatakan terdapat varian Sumatra Robusta Green Coffee, Indonesia Red Ringer Coffee, Mangosteen Cofffee, Durian Coffee, dan Mango Coffee.

Dalam rangka "Pencanangan Hari Kopi Internasional" di Indonesia, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian beserta asosiasi kopi menyelenggarakan acara minum kopi gratis di Gedung Garuda Lantai 2 di Kementerian Perindustrian di Jalan Gatot Subroto Kav 52-53, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Acara minum kopi gratis pagi tadi dibuka oleh Menteri Perindustrian, Saleh Husein.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com