Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Rekreasi Jadi Daya Tarik Pariwisata Kepri

Kompas.com - 02/10/2015, 08:53 WIB
BATAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bertekad menjadikan olahraga rekreasi sebagai daya tarik pariwisata untuk menjaring kedatangan wisatawan dalam dan luar negeri ke provinsi yang bertetangga dengan empat negara itu.

"Ini merupakan daya dorong wisata di Kepri. Kita punya banyak permainan rekreasi seperti gasing, mahjong yang jika dikemas baik, bisa menjadi tontonan wisatawan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Robert Iwan Loriaux di Batam, Kamis (1/10/2015).

Ia menyatakan olahraga kreasi seperti mahjong, gasing, dan silat tidak hanya untuk mengejar prestasi, melainkan juga untuk menjadi magnet pariwisata. Menurut Robert, bila dikemas dengan baik, olahraga rekreasi akan mampu menjadi ikon dalam promosi wisata.

Ia mendorong Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) untuk lebih memikirkan pengembangan olahraga-olahraga rekreasi khas Kepri. "Kami siap membantu dengan alokasi anggaran," katanya seperti dalam rilis.

Sementara itu, Ketua FORMI Kepri Guntur Sakti berjanji untuk mengembangkan olahraga rekreasi di Kepri agar bisa lebih berkembang.

Sebagai tahap awal, Guntur yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kepri itu bertekad membentuk pengurus FORMI di seluruh kabupaten dan kota. "Kami menargetkan sebelum akhir tahun seluruh kabupaten kota sudah terbentuk pengurus FORMI," janji Guntur.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti di kawasan wisata Lagoi, Bintan, Provinsi Kepri, Sabtu (23/5/2015).
FORMI merupakan induk dari olahraga rekreasi yang ada di Indonesia. Dalam FORMI terdapat tiga cabang yaitu olahraga tradisi dan kreasi budaya, olahraga kesehatan dan kebugaran serta olahraga petualangan dan tantangan.

Olahraga tradisi dan kreasi merupakan sejenis permainan turun-temurun dari nenek moyang semisal wushu. Kemudian olahraga kesehatan dan kebugaran contohnya adalah yoga serta olahraga petualangan dan tantangan contohnya adalah panjat tebing.

Di tempat yang sama, Calon Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo bertekad untuk melestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional yang hanya bersifat rekreasi, hingga dapat dipertandingkan di laga internasional dan mengharumkan nama bangsa. "Jadi tidak sekadar untuk hiburan, tetapi bisa juga menjadi prestasi," katanya.

Bila ditangani dan dikembangkan dengan baik, Soerya yakin cabang-cabang olahraga di FORMI bisa berbicara tidak hanya di level daerah, namun juga level nasional dan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com