Kompas.com - 04/10/2015, 16:12 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com – Desa Rovaniemi di Finladia menawarkan atraksi wisata di bentang alam yang bersalju. Atraksi wisata yang dapat dilakukan adalah bermain dan berseluncur di salju, melihat Aurora Borealis, hingga menginap di tengah salju.

Dengan suhu mencapai minus 30 derajat, cuaca yang dihadapi wisatawan Indonesia di Rovaniemi akan terasa ekstrim. Apalagi wisatawan Indonesia terbiasa tinggal di daerah tropis. Vice Presiden Commercial Dwidayatour, Hendri Yapto kepada KompasTravel memberikan tips bagi wisatawan Indonesia yang ingin berwisata ke Desa Rovaniemi, Finlandia. Tips berikut juga berguna untuk wisatawan Indonesia yang akan melancong ke negara dengan musim dingin.

Perlengkapan

Untuk menghadapi suhu yang ekstrim, wisatawan Indonesia hendaknya membawa perlengkapan yang dapat mencegah panas tubuh keluar. Perlengkapan yang dapat dibawa seperti sarung tangan, kaos kaki kupluk, jaket dengan bahan wol beserta long john bagian bawah untuk celana dan atas untuk badan. Perlengkapan tambahan yang dapat dibawa jaket yang bersifat windproof dan waterproof.

Sabun khusus

Hendri mengatakan salah satu tips yang dapat dilakukan adalah membawa sabun khusus dengan kandungan moisturizer. Dengan sabun tersebut, setelah mandi, kulit dapat tetap halus dan mencegah kulit kering. Karena jika kulit kering, maka bisa pori-pori kulit dapat pecah dan menyebabkan gatal.

Penggunaan air

Setelah beraktivitas, jika ingin mandi, usahakan jangan gunakan air panas. Walaupun mandi dengan air panas terasa nyaman, lebih baik gunakan air yang tidak panas maupun dingin. Suhu di luar ruangan terasa dingin dan ekstrim, jika pake air panas, perubahan suhu akan menyebabkan pori-pori pecah dan kulit akan terasa gatal. Agar aroma tetap segar, gunakan parfum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.