Kompas.com - 05/10/2015, 16:45 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Derawan? Mendengar nama itu, apa yang ada dibenak kalian? Pantai putih nan eksotis, air laut yang biru, atau  terumbu karang yang indah? Yuk simak lebih jauh tentang pulau ini.

Bagaimana Cara ke Derawan?

Hampir semua jalur digunakan ketika hendak menuju Pulau Derawan, masing-masing jalur terkadang memiliki alternatif lain, tentu terdapat kekurangan dan kelebihan, tinggal sesuaikan saja dengan keadaan anda. Berikut informasinya.

Jalur Udara

Bagi wisatawan yang berada di luar Kalimantan, tentu harus melaui jalur udara untuk bisa sampai ke Balikpapan, Kalimantan Timur, gerbang utama dari perjalanan menuju Pulau Derawan. Setelah tiba di Balikpapan, perjalanan memiliki dua pilihan.

BARRY KUSUMA Pulau Derawan di Kalimantan Timur.
Pertama, lewat Tarakan, kelebihannya lebih murah dan banyak pilihan penerbangannya. Namun akan memakan waktu lama pada saat penyeberangan menuju Pulau Derawan dan harus menyewa speed boat. Jalur ini cocok bagi anda yang pergi bersama rombongan.

BARRY KUSUMA Berenang di Pulau Derawan, Kalimantan Timur.
Kedua, lewat Berau, banyak tersedia mobil travel yang siap mengantarkan ke Tanjung Batu dan speed boat penyeberangan umum ke Pulau Derawan mudah didapatkan. Lewat Berau lebih cocok bagi solo traveler.

Maskapai penerbangan yang dapat dijadikan pilihan menuju Balikpapan adalah Garuda Air, Sriwijaya Air, Wings Air, Kalstar.

Jalur Darat

Jalur Darat biasanya digunakan oleh wisatawan yang masih dalam wilayah Pulau Kalimantan. Dapat ditempuh menggunakan bus atau mobil travel. Rutenya sebagai berikut: Palangkaraya - Banjarmasin - Balikpapan - Samarinda - Tanjung Redeb - Tanjung Batu - Pulau Derawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.