Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Ampat Berencana Bangun Dermaga Marina

Kompas.com - 08/10/2015, 17:31 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Raja Ampat, Yusdi N. Lamatenggo berencana membangun dermaga marina baru di Raja Ampat, Papua Barat. Dengan kehadiran dermaga marina, diharapkan Raja Ampat dapat menjadi destinasi wisata kapal pesiar.

"Kita mau dorong pembangunan dermaga marina untuk yacht di Kabui. Sementara kita baru punya marina mini yang bisa menampung 16 kapal yacht," kata Yusdi kepada KompasTravel usai acara jumpa pers "Festival Bahari Raja Ampat" di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (7/10/2015) malam.

Dengan pembangunan dermaga di Teluk Kabui tersebut, Yusdi mengatakan kapasitas dermaga dapat menampung hingga 100 yacht. Jika pembangunan dermaga marina di Teluk Kabui terealisasi, lanjut Yasdi, dapat menjawab kebutuhan wisata marina.

"Untuk luas belum dihitung, kalau yang di Waisai luasnya satu hektar. Tinggal cari investor yang mau. Nilai investasinya 200 miliar," ujar Yusdi.

Sementara dermaga marina mini tersebut terletak di Waisai. Pada tahun ini, Yusdi menjelaskan hal yang dapat dilakukan adalah menambah fasilitas-fasilitas di dermaga seperti air, AC, dan juga cafe.

Berdasarkan data jumlah kunjungan wisatawan Disbudpar Raja Ampat, sebanyak 12.000 orang mengunjungi Raja Ampat pada bulan Oktober, wisatawan yang mendominasi adalah dari Eropa dan Amerika. Saat berwisata, Yusdi menambahkan wisatawan akan tinggal selama 10 hari untuk untuk melakukan aktivitas menyelam (diving).

Bupati Kabupaten Raja Ampat, Marcus Wanma saat jumpa pers mengatakan bahwa grafik kunjungan wisman sejak tahun 2007 hingga 2014 terus mengalami peningkatan. Pada awal pengembangan Raja Ampat tahun 2007, ia mengatakan jumlah kunjungan wisman sebanyak 1.118 orang dan pada tahun 2014 sebanyak 12.296 orang.

Festival Bahari Raja Ampat 2015 akan digelar di kawasan Pantai Waisai Tercinta (WTC), Raja Ampat, Papua Barat. Festival ini akan diadakan pada tanggal 18-21 Oktober 2015 dan memiliki tagline "Indahnya Raja Ampat, Indahnya Indonesiaku". Festival ini diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan, baik mancanegara dan nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com