Kompas.com - 09/10/2015, 12:30 WIB
EditorI Made Asdhiana
KENDARI, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara gencar mempromosikan potensi pariwisata budaya yang ada di daerah itu.

"Banyak pariwisata budaya yang memiliki daya tarik dan bisa menarik wisatawan berkunjung ke daerah ini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra, Zainal Koedoes, di Kendari, Jumat (9/10/2015).

Ia menyebutkan beberapa obyek wisata yang layak jual untuk dipromosikan secara global, adalah obyek wisata budaya Benteng Keraton Buton yang dikenal sebagai benteng terluas di dunia.

Selain itu, menurut Zainal, masih ada atraksi layang-layang raksasa di Muna, perkelahian kuda di Muna Barat, Goa Liang Kabori di Muna, goa prasejarah di Konawe Utara, sungai terpendek di dunia di Kolaka yakni Sungai Tamborasi dan beberapa obyek wisata lainnya.

KOMPAS/SUSI IVVATY Wisatawan mancanegara mengikuti acara makan bersama pekande-kandea di Keraton Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, akhir Mei 2015. Dalam tradisi makan khas suku Buton ini, para tamu disuapi oleh gadis-gadis yang belum menikah sambil berpantun.
"Kerja sama yang perlu kita gandengkan dengan pemerintah kabupaten kota adalah dukungann fasilitas pada obyek wisata tersebut yang harus dilakukan oleh kabupaten kota, kemudian provinsi yang menjual ke masyarakat dunia," katanya.

Promosi wisata budaya tersebut dilakukan dengan menggelar berbagai kegiatan dan melibatkan beberapa lembaga terkait.

"Upaya lainnya, yakni menjalin koordinasi dengan biro perjalanan wisata dari berbagai kota pariwisata di Indonesia, agar menjadikan Sultra bagian dari paket wisata budaya yang dikunjungi," kata Zainal Koedoes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.