Kompas.com - 10/10/2015, 11:26 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sinun Petrus Manuk mengatakan, Festival Budaya Melanesia yang akan digelar di Kupang pada 26-30 Oktober 2015 akan diikuti oleh 7 negara. Ketujuh negara tersebut yakni Indonesia, Timor Leste, Vanuatu, Kaledonia Baru, Kepulauan Salomon, Fiji dan Papua Nugini.

“Sudah ada kepastian tujuh negara akan hadir dalam pembukaan kegiatan Festival Melanesia itu akan berlangsung di Kupang. Kegiatannya akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan,” kata Manuk, Sabtu (10/10/2015).

Menurut Manuk, Indonesia akan diwakili oleh Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan NTT. Sementara untuk NTT, beberapa Kabupaten sudah siap terlibat dalam kegiatan itu yakni Malaka, Belu, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Kabupaten Kupang, Alor, Lembata, Sikka, Ende, Ngada, dan Nagekeo.

Manuk mengatakan, negara-negara yang tergabung dalam ras Melanesia berada di Pasifik Selatan. Sebanyak 11 negara yang masuk dalam ras Melanesia ini, antara lain Fiji, Papua New Guinea, Timor Leste, Kepulauan Salomon dan Vanuatu. Sedangkan Indonesia baru bergabung menjadi anggota pada tahun 2014 yang digelar di Papua, di mana saat itu Indonesia hadir sebagai pengamat.

“Kelompok Melanesia itu adalah kelompok masyarakat yang berkulit hitam dan berambut keriting. Di Indonesia, hanya lima provinsi saja yang menjadi kelompok Melanesia yakni NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat,” kata Manuk.

Adapun sejumlah kegiatan yang akan digelar dalam acara tersebut yakni temu budaya, pameran budaya masing-masing negara, dan seminar dengan menghadirkan beberapa pembicara yang memahami betul Melanesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.