Kompas.com - 10/10/2015, 13:00 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
TANAH DATAR, KOMPAS.com - Kegiatan Tour de Singkarak (TdS) 2015 di Sumatera Barat bukan sekadar ajang balap sepeda. Event olahraga tahunan ini juga digelar untuk mempromosikan wisata Indonesia ke dunia luar, khususnya Sumatera Barat.

Sebagai sarana promosi wisata, pemerintah kabupaten atau kota yang menjadi lokasi finis maupun start para pebalap silih berganti menampilkan tradisi kebanggaan masyarakat setempat.

Salah satunya terlihat pada etape keenam, Kamis (8/10/2015). Para peserta disambut meriah dengan kesenian lokal Talempong Pacik sesaat setelah finis di depan Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar.

Bukan hanya itu, pemerintah setempat juga mengadakan tradisi makan bajamba alias makan bersama di dalam istana. Tradisi ini dimaksudkan agar rasa kebersamaan antar-warga selalu terjaga.

Sebelum memasuki istana, para tamu diwajibkan mengenakan sarung, terutama bagi pebalap-pebalap yang mayoritas tampil dengan celana pendek. Hal ini dinaksudkan untuk menjunjung tinggi norma kesopanan.

Kegiatan ini bukan hanya diikuti para petinggi Tanah Datar, tetapi juga para pebalap, media, dan panitia yang terlibat dalam TdS 2015. Semua peserta larut dalam suasana kebersamaan.

"Saya harap peserta yang berasal dari berbagai negara bisa menikmati suguhan seni budaya, makanan, dan keindahan alam Minangkabau. Sehingga bisa menjadi pengalaman berharga buat mereka," kata Perwakilan Bupati Tanah Datar, Hardiman. (Juara.net/Tulus Muliawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Juara.net


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.