Kompas.com - 11/10/2015, 16:03 WIB
EditorI Made Asdhiana
PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan 610.000 kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke daerah itu pada tahun 2016.

"Kita optimistis target kunjungan wisatawan 2016 tercapai, seiring ditingkatkannya kegiatan promosi potensi wisata alam, seni budaya di tingkat nasional dan internasional," kata Kepala Disbudpar Kepulauan Babel, KA Tajuddin di Pangkal Pinang, Sabtu (10/10/2015).

Ia menjelaskan dari total target kunjungan wisatawan tersebut dengan rincian target kunjungan wisatawan domestik 600.000 orang dan mancanegara 10.000 orang atau meningkat dibandingkan target kunjungan wisatawan tahun ini.

Target kunjungan wisatawan domestik 2015 sebanyak 500.000 orang dan mancanegara 5.000 orang.

"Saat ini target kunjungan tahun ini diperkirakan sudah mencapai 90 persen dan diperkirakan akan melebihi target hingga akhir tahun nanti," ujarnya.

Menurut dia, kunjungan wisatawan mancanegara ke Bangka Belitung masih relatif rendah, karena bandara di daerah ini bukan bandara internasional. "Saat ini kunjungan wisatawan mancanegara masih terfokus di DKI Jakarta dan Bali, karena mereka sudah memiliki bandara internasional," ujarnya.

KOMPAS/FERRY SANTOSO Salah satu ruangan di Pesanggrahan Menumbing, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung. Di Pesanggrahan Menumbing yang terletak di tengah hutan, di Gunung Menumbing, beberapa tokoh nasional diasingkan oleh Pemerintah Belanda.
Namun demikian, lanjut Tajuddin, pihaknya terus berupaya guna meningkatkan kunjungan wisatawan ini, melalui pameran, sosialisasi, promosi dan menggelar berbagai kegiatan wisata berskala nasional dan internasional.

"Kita terus berupaya mengejar dan mencapai target kunjungan wisatawan ini, karena indikator keberhasilan pariwisata ini yaitu meningkatnya kunjungan wisatawan dan fasilitas pendukung wisata di daerah ini," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.