Kompas.com - 13/10/2015, 09:08 WIB
Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam didampingi Kapolda Sultra saat peluncuran Festival Bokori di Kendari, Senin (12/10/2015). KOMPAS.COM/KIKI ANDI PATIGubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam didampingi Kapolda Sultra saat peluncuran Festival Bokori di Kendari, Senin (12/10/2015).
|
EditorI Made Asdhiana
KENDARI, KOMPAS.com - Demi terlaksananya Festival Pulau Bokori, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kementerian Pariwisata menggelontorkan dana sebesar Rp 1 miliar. Kegiatan Festival Bokori akan digelar 29 Oktober sampai 1 November 2015.

Gubernur Sultra, Nur Alam mengatakan, anggaran itu tidak hanya dialokasikan untuk pelaksanaan Festival Bokori. "Anggaran tersebut juga untuk mendukung kegiatan voli pantai nasional yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Bokori," kata Nur Alam, saat launching Festival Bokori di salah satu hotel di Kendari, Senin (12/10/2015).

Menurut Nur Alam, dua periode ini, Festival Bokori diprediksi bisa menjadi salah satu ikon wisata baru yang akan menarik minat para wisatawan yang datang dari luar Sultra. "Festival Bokori merupakan salah satu destinasi baru bagi para pengunjung. Di Pulau Bokori tamu bisa menikmati wisata alam dan keindahan pasir putih," katanya.

"Sebagai kepala daerah tentunya saya sudah bisa melihat sejauh mana potensi Pulau Bokori bisa menarik minat wisatawan. Kita harus bisa meyakinkan para wisatawan untuk datang dan kembali dengan mengajak teman-temannya, bukan hanya sekali datang," sambungnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sultra juga menjelaskan, jika keindahan Pulau Bokori di Kabupaten Konawe dapat bersaing dengan Kepulauan Wakatobi. “Selama ini Pulau Bokori memang hampir tenggelam, dan kita kembali membangunnya (Pulau Bokori). Kita juga akan berupaya agar turis asing bisa langsung melakukan penerbangan dari Bali, tergantung para turis saja ingin memilih ke Wakatobi atau Pulau Bokori," kata Nur Alam.

Pemerintah, lanjut Nur Alam, telah berupaya untuk melengkapi sarana dan prasana pendukung sehingga tidak akan mengecewakan pengunjung pulau yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Konawe itu. "Tetapi mulai hari ini saya berani katakan bahwa Pulau Bokori sangat layak untuk menjadi tujuan kunjungan wisatawan mancanegara," katanya.

Pemerintah provinsi, tambah Nur Alam, telah berupaya untuk melengkapi sarana dan prasana pendukung sehingga ia memastikan tidak akan mengecewakan pengunjung yang akan berkunjung ke pulau Bokori. Dalam festival Bokori, serangkaian kegiatan akan dihelat antara lain, voli pantai nasional, lomba memancing, lomba menulis dan lomba foto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.