Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madu (Asli) di Tangan Kananmu...

Kompas.com - 14/10/2015, 13:41 WIB
UNTUK menentukan apakah madu asli atau tidak, salah satu caranya bisa dilakukan dengan memasukkan madu ke dalam bagian pembeku (freezer) kulkas. Jika madu hanya mengental, berarti madu tersebut asli. Akan tetapi, jika membeku, berarti madu tersebut bercampur dengan air. Madu sendiri sebenarnya memiliki kandungan air, yakni 22-26 persen untuk madu hutan dan 17-22 persen untuk madu ternak.

Oleh karena mengandung air lebih tinggi, madu hutan cenderung lebih encer. Namun, ini juga bergantung pada proses pengurangan kadar air atau pengentalan (dehumidification) yang menentukan kandungan akhir air pada madu. Madu hutan juga dapat mengkristal disebabkan kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosanya. Hasil madu dipengaruhi oleh kondisi iklim di sekitar sarang lebah berada, seperti sungai, hutan bakau, dan curah hujan.

Madu hutan dihasilkan oleh lebah hutan (Apis dorsata) dari sarang yang berada di pohon, gua, dan batu. Sementara madu ternak oleh lebah ternak (Apis mellifera) dari sarang kotak yang dibuat peternak. Sumber pakan lebah hutan adalah sari bunga tanaman asli di hutan, sedangkan pakan lebah ternak pada periode tertentu diberi pemanis buatan atau gula. Rasa, aroma, dan warna madu hutan bisa berbeda-beda bergantung pada sari bunga yang diisap lebah.

Pada musim panen, dari satu sarang lebah dapat dipanen hingga 10 liter madu. Hasil panen bergantung pada banyak tidaknya ketersediaan pakan lebah di sekitar sarang. Di sebuah pohon bisa terdapat puluhan sarang. Pernah terjadi di Pulau Alor, dari sebuah pohon yang memiliki puluhan sarang lebah berhasil dipanen 1 ton madu. (EKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com