Kompas.com - 14/10/2015, 17:18 WIB
Tak kurang dari 400-an peserta Pesta Budaya Asmat, Kamis (10/10/2013) menampilkan ukiran, perahu, anyaman dan tarian. DOK INDONESIA.TRAVELTak kurang dari 400-an peserta Pesta Budaya Asmat, Kamis (10/10/2013) menampilkan ukiran, perahu, anyaman dan tarian.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAYAPURA, KOMPAS.com - Festival Budaya Asmat yang dilaksanakan setiap Oktober di Kabupaten Asmat, Papua, diundur hingga Januari 2016, pasalnya wilayah tersebut mengalami musim kemarau yang berkepanjangan.

Erick Sarkol, Ketua Panitia Festival Budaya Asmat, ketika dihubungi Antara melalui telepon selulernya di Jayapura, Selasa (12/10/2015), mengatakan, kegiatan itu sedianya dilaksanakan pada 8-13 Oktober 2015, namun Agats sebagai ibu kota Kabupaten Asmat masih dilanda kekeringan.

"Walaupun diundur hingga Januari, tetap harus diwaspadai karena pada bulan tersebut ombak tinggi dan dikhawatirkan masyarakat yang berada di pesisir pantai akan kesulitan untuk menuju Agats dalam pesta budaya ini," katanya.

Menurut Erick, dana festival tahun ini telah dianggarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat sebesar Rp1,4 miliar dan harus dikembalikan lagi, karena pengunduran waktu pelaksanaan tersebut.

"Sementara akibat pengunduran waktu pelaksanaan, sejumlah wisatawan dari Prancis sudah mulai berdatangan ke Agats, di mana setelah diberitahukan bahwa festival diundur, mereka terpaksa harus kembali lagi ke tempat asal," ujarnya.

Dia menjelaskan Festival Budaya Asmat sebelumnya juga pernah empat kali tak terlaksana, yakni pada 1987 saat itu Kuartor Museum Asmat sedang magang di Jerman, lalu pada 2000 pembatalan dilakukan karena isu kemerdekaan Papua.

"Lalu pada 2002 saat Asmat masih bergabung dengan Kabupaten Merauke dan saat itu ada Festival Budaya Papua di Merauke," katanya.

Dia menambahkan demgan adanya pameran pembangunan sehingga Festival Budaya Asmat juga tak terlaksana dan yang terakhir adalah 2010, saat itu bersamaan dengan perayaan keuskupan yang ke-40 tahun. (Hendrina Dian Kandipi)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X