Kompas.com - 16/10/2015, 08:47 WIB
1.000 pelajar didandani untaian bunga khas Perawan Ngarot mengikuti Karnaval Cimanuk, Rabu (7/10/2015). KOMPAS/AGUS SUSANTO1.000 pelajar didandani untaian bunga khas Perawan Ngarot mengikuti Karnaval Cimanuk, Rabu (7/10/2015).
EditorI Made Asdhiana
TERIK matahari yang begitu menyengat tak dirasakan Carman dan istrinya di bantaran Kali Cimanuk yang membelah kota Indramayu, Jawa Barat, Selasa (6/10/2015).

Pasangan suami istri ini sudah tujuh tahun berjualan serabi di bawah rimbunnya pohon kapuk randu (Ceiba pentandra) yang berada di lahan rijstpellerij (bekas pabrik penggilingan padi zaman Hindia Belanda tahun 1923).

KOMPAS/AGUS SUSANTO Carman berjualan serabi di depan pohon randu raksasa di pinggir gedung yang hanya menyisakan pagar tembok dari batu bata merah.
”Pohon raksasa peninggalan Belanda ini yang memberikan keteduhan bagi kami hingga kini,” ujarnya.

Pabrik penggilingan padi itu sebagian besar sudah diratakan dengan tanah, tetapi masih menyisakan bangunan dengan batu bata merahnya. Salah satunya adalah Mulia Batik Paoman yang menempati sudut rijstpellerij tersebut sejak tahun 2007 untuk membuat batik dermayon.

KOMPAS/AGUS SUSANTO Bengberokan atau Berokan, pertunjukan penolak bala.
Di tempat ini pula, selama sebulan penuh diadakan Festival Cimanuk yang diisi sejumlah pergelaran seni khas Indramayu, pasar malam, dan pameran pembangunan.

Puncaknya, 7 Oktober 2015, berlangsung Karnaval 1.000 Perawan Ngarot untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Ke-488 Kabupaten Indramayu. (Agus Susanto)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.