Kompas.com - 16/10/2015, 13:22 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Indonesia Creative Cities Conference 2015 (ICCC 2015), Irfan Sutikno menyebutkan akan terdapat tiga negara yang turut serta menjadi narasumber dalam konferensi yang merupakan bagian dari program pengembangan industri kreatif Indonesia.

"Nanti ada dari Penang (Malaysia), Chiang Mai (Thailand), dan British Council (Inggris). Ketiga negara itu akan jadi narasumber," kata Irfan saat ditemui KompasTravel di Gedung Oranye, Kompas TV, Jumat (16/10/2015).

Menurut Irfan, ketiga negara narasumber tersebut akan diajak untuk merumuskan mengenai poin-poin penting dalam menciptakan kota kreatif. Irfan juga menjelaskan, Solo sebagai penyelenggara ICCC 2015 telah siap dan sudah melakukan persiapan penyelenggaraan kegiatan mencapai 85 persen.

"Saya pikir kami sebagai orang Solo yang ditunjuk harus siap. Sekarang sudah 85 persen persiapan dan sisanya akan kita kebut hal-hal yang kurang," kata Irfan.

Irfan menambahkan, kota Solo ditunjuk oleh Forum Konferensi Kota Kreatif sebagai tuan rumah penyelenggaraan ICCC 2015 saat penyelenggaraan konferensi kota kreatif di Bandung yang bertepatan dengan ulang tahun Konferensi Asia Afrika.

KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIH Para pencinta budaya yang tergabung dalam Wisata Budaya Warna-Warni Indonesia (WWI) naik Andong di Kota Solo, Jawa Tengah.
"Saat itu Kemenpar menunjuk Bandung, Solo, Jogja, Bali, dan Pekalongan untuk mengajukan diri ke UCCN dan akhirnya 2013 kelima kota tersebut ditetapkan oleh Kemenpar menjadi kota kreatif Indonesia," kata Irfan.

Dengan modal dasar lima kota ini, lanjut Irfan, pihak penyelenggara ICCC 2015 mengajak kota-kota lain menjadi kota kreatif di Indonesia.

Saat ditanya mengapa Solo ditunjuk menjadi tuan rumah, Irfan menjawab bahwa Kota Solo relatif paling siap dan memiliki semangat tinggi untuk menggelar ICCC 2015.

"Solo relatif paling siap punya semangat. Kalau masalah kreatif dan tidak kreatif, kreatif kan tidak mengenal grade karena memang ada penekanan yang berbeda-beda," kata Irfan.

Ia berharap, 60 kota di Indonesia yang akan menghadiri pelaksanaan ICCC 2015 akan terinspirasi dengan lima kota pelopor serta bersinergi memajukan industri kreatif bagi Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.