Kompas.com - 17/10/2015, 07:22 WIB
Para penari dari Sanggar Kembang Lawu Karanganyar, Jawa Tengah, membawakan tarian KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYAPara penari dari Sanggar Kembang Lawu Karanganyar, Jawa Tengah, membawakan tarian "Ayunan Payung" dalam pembukaan Festival Payung Indonesia II 2015 di Taman Balekambang, Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/9/2015). Festival yang digelar pada Jumat-Minggu (11-13/9) ini diharapkan turut melestarikan kerajinan payung tradisional Indonesia.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Konferensi Kota Kreatif Indonesia 2015 (ICCC 2015) akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 22-25 Oktober mendatang. Ketua pelaksana ICCC 2015, Irfan Sutikno mengatakan akan ada banyak acara yang meramaikan kegiatan tersebut.

Pesta rakyat atau orange day akan menjadi salah satu wadah bagi masyarakat untuk memamerkan hasil kreativitasnya. "Jadi di pesta rakyat itu selama satu hari masyarakat akan turun ke jalan jadi performance on the street," kata Irfan saat ditemui KompasTravel di Gedung Oranye, Kompas TV, Jumat (16/10/2015).

Selain itu, anak-anak di Kota Solo juga diberikan kesempatan untuk unjuk gigi pada puncak kegiatan ICCC 2015 mulai Jalan Selamet Royadi hingga Jalan Jenderal Sudirman.

"Nanti ada anak-anak main drum, 30 drummer. Akan ada ekspo pameran rakyat berupa hasil produksi mereka. Ada karnaval anak-anak mengenakan kostum yang terbuat dari olahan hasil bumi. Ada juga performance art di Benteng Vastenburg, Solo," kata Irfan.

Irfan memaparkan masih banyak hal yang bisa dijumpai masyarakat dalam puncak perayaan ICCC 2015 pada 25 Oktober 2015. Masyarakat juga akan mengenakan banyak pakaian dan aksesoris berwarna oranye.

Konferensi Kota Kreatif Indonesia (ICCC 2015) bertujuan untuk membentuk jaringan kota kreatif, merumuskan indikator-indikatof kota kreatif, serta membentuk konsep kerja sama yang nyata antarkota anggota.

Konferensi ini akan dihadiri 60 kota di Indonesia yang terdiri dari unsur pemerintahan kota, akademisi, praktisi, komunitas dan media.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.