Kompas.com - 17/10/2015, 09:35 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Duta Besar Filipina untuk Indonesia Maria Lumen B Isletta ingin belajar tentang pariwisata Bali sehingga ke depan hubungan baik kedua pihak dapat ditingkatkan.

Lumen Isletta menyampaikan hal tersebut saat menemui Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Denpasar, Jumat (16/10/2015).

Menurut dia, sejauh ini perkembangan Bali cukup pesat terutama dalam hal infrastruktur seperti jalan tol serta bandara.

Dubes Filipina berpandangan bahwa Bali dapat menata diri sangat cepat setelah peristiwa besar Bom Bali 2002.

Di samping itu, daerah ini masih menjadi destinasi pariwisata utama bagi warga negara Filipina dan hal tersebut diharapkan akan meningkat dengan dibukanya penerbangan langsung dari kota Manila ke Bali.

"Kami akan belajar banyak tentang pariwisata dari Bali sehingga harapan kami ke depannya hubungan antara kedua pihak bisa semakin ditingkatkan melalui hubungan kerja sama, baik di bidang pendidikan dan tentu saja di bidang pariwisata," ujarnya.

Dalam kunjungan perdananya ke Bali sebagai duta besar, Lumen Isletta juga menyampaikan saat ini terdapat lebih dari 100 warga Filipina tinggal dan bekerja di Pulau Dewata, khususnya pada sektor pariwisata, bisnis dan juga sebagai tenaga pengajar di sejumlah sekolah.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyampaikan apresiasi yang tinggi dan rasa senangnya karena Bali masih menjadi destinasi pariwisata favorit bagi warga Filipina terlebih akan dibukanya penerbangan langsung dari Manila ke Bali.

Penerbangan langsung tersebut, menurut Pastika, secara signifikan akan membuat waktu tempuh ke Bali lebih cepat sehingga diharapkan berdampak pada kunjungan warga Filipina.

"Kondisi pariwisata Bali saat ini masih sangat stabil, walaupun dalam kondisi krisis ekonomi seperti saat ini," ujar Pastika.

Pastika mengatakan saat ini Bali juga menjadi tuan rumah berbagai konferensi tingkat internasional sehingga hal tersebut membawa dampak yang sangat baik bagi peningkatan devisa serta pendapatan masyarakat Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Bali menyambut positif kerja sama yang akan dibangun antara Filipina dan Bali, baik dalam bidang pariwisata, budaya serta sektor pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.