Kompas.com - 17/10/2015, 13:13 WIB
Kapal-kapal nelayan merapat di tepi Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (26/6/2015). Nelayan di tepi pantai akan menawarkan jasa untuk berkeliling dengan tarif Rp5.000-Rp10.000. KOMPAS.com/Wahyu Adityo ProdjoKapal-kapal nelayan merapat di tepi Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (26/6/2015). Nelayan di tepi pantai akan menawarkan jasa untuk berkeliling dengan tarif Rp5.000-Rp10.000.
EditorI Made Asdhiana
CIREBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, merencanakan kembangkan potensi wisata bahari yang berada di tiga titik, mengingat sepanjang bagian utara kota tersebut adalah lautan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Cirebon, Dana Kartiman di Cirebon, Jumat (16/10/2015), mengatakan pemerintah kota berencana untuk mengembangkan potensi wisata bahari di kota tersebut.

"Kami merencanakan wisata bahari di tiga titik yaitu di Kejawanan, Kesenden, dan Pelabuhan," katanya.

Dana memaparkan rencananya di daerah Kejawanan akan dibuka wisata hasil lautnya, Pelabuhan diarahkan pada pengembangan penumpangnya dan Kesenden menjadi area bisnis dan cindera mata.

"Rencananya tiga titik tersebut mempunyai ciri has masing-masing agar tiga-tiganya bisa berkembang dengan baik," katanya.

Sekarang ini wisata yang ada di Kota Cirebon hanya mengandalkan pada wisata situs sejarah. Di Cirebon banyak sekali situs sejarah, baik itu berupa sejarah masa kesultanan Cirebon maupun masa Belanda.

"Wisata yang sekarang baru berupa situs sejarah di mana di kota ini ada 71 situs sejarah," katanya.

Dia melanjutkan situs sejarah seperti halnya keraton Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan merupakan destinasi andalan kota itu dan sekarang pihaknya ingin menambahkan destinasi yang lain yaitu destinasi bahari di mana potensi itu sangat terbuka.

"Selain situs sejarah kami juga kan mengambangkan Cirebon sebagai kota bahari dengan tiga titik destinasi wisata bahari itu," tambah Dana Kartiman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.