Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cirebon Berencana Kembangkan Wisata Bahari

Kompas.com - 17/10/2015, 13:13 WIB
CIREBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, merencanakan kembangkan potensi wisata bahari yang berada di tiga titik, mengingat sepanjang bagian utara kota tersebut adalah lautan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Cirebon, Dana Kartiman di Cirebon, Jumat (16/10/2015), mengatakan pemerintah kota berencana untuk mengembangkan potensi wisata bahari di kota tersebut.

"Kami merencanakan wisata bahari di tiga titik yaitu di Kejawanan, Kesenden, dan Pelabuhan," katanya.

Dana memaparkan rencananya di daerah Kejawanan akan dibuka wisata hasil lautnya, Pelabuhan diarahkan pada pengembangan penumpangnya dan Kesenden menjadi area bisnis dan cindera mata.

"Rencananya tiga titik tersebut mempunyai ciri has masing-masing agar tiga-tiganya bisa berkembang dengan baik," katanya.

Sekarang ini wisata yang ada di Kota Cirebon hanya mengandalkan pada wisata situs sejarah. Di Cirebon banyak sekali situs sejarah, baik itu berupa sejarah masa kesultanan Cirebon maupun masa Belanda.

"Wisata yang sekarang baru berupa situs sejarah di mana di kota ini ada 71 situs sejarah," katanya.

Dia melanjutkan situs sejarah seperti halnya keraton Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan merupakan destinasi andalan kota itu dan sekarang pihaknya ingin menambahkan destinasi yang lain yaitu destinasi bahari di mana potensi itu sangat terbuka.

"Selain situs sejarah kami juga kan mengambangkan Cirebon sebagai kota bahari dengan tiga titik destinasi wisata bahari itu," tambah Dana Kartiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com