Asyiknya Snorkeling di Kepulauan Seribu

Kompas.com - 20/10/2015, 19:07 WIB
Panorama kedalaman laut dengan aneka kehidupannya di Kepulauan Seribu GanendraPanorama kedalaman laut dengan aneka kehidupannya di Kepulauan Seribu
EditorNi Luh Made Pertiwi F

TAKJUB, sekumpulan ikan warna-warni menghampiri, entah datang dari mana. Ikan aneka jenis yang lucu dan berbadan penuh warna itu mengerubungi remah roti tawar yang saya pegang. Berebutan. Begitu dekat dan sangat dekat.

Namun jangan bermimpi bisa menangkapnya. Ikan-ikan berukuran jari itu, gerakannya gesit dan super lincah. Tampak sekali, mereka tidak takut dengan manusia. Terkesan akrab, seperti "kawan lama".

Saya tidak bermaksud memberi makan ikan sebenarnya. Karena tujuan saya ke laut dangkal Pulau Putri di Kepulauan Seribu ini hanya untuk berlatih dan "mengenal" kembali dengan air laut.

Berlatih? Iya, pasalnya saya sudah lama tidak berenang di laut. Nah, di Pulau Putri airnya dangkal, hanya sekitar pinggang sampai dada ketinggiannya. Pasirnya putih, namun polos alias tak ada batu karang. Cocok untuk berlatih.

Kenapa mesti berlatih? Karena saya akan snorkeling di pulau-pulau sekitaran Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Jadi perlu beradaptasi dengan peralatannya seperti kaki katak yang membuat susah kalau berjalan di air.

Terus terang momen ke Pulau Harapan itu adalah kali pertama saya mengunjungi Kepulauan Seribu yang wisata baharinya mulai merangkak naik. Banyaknya pulau-pulau kecil di salah satu kabupaten DKI Jakarta ini menyimpan beragam daya tarik wisata. Sunset, pantai aneka rupa, wisata mancing, permainan air laut, dan tentu saja snorkeling!

Pulau Harapan merupakan bagian dari Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Konon dulunya disebut Pulau Pelemparan, pasalnya lokasi ini dijadikan tempat pengasingan bagi masyarakat Suku Bugis dari Sulawesi. Kabarnya aktivitas wisata di Pulau Harapan mulai menggeliat sejak 2012. Tepatnya setahun setelah pulau ini dialiri listrik selama 24 jam nonstop melalui kabel laut pada awal 2011. (Ganendra)

Baca selengkapnya kisah ini di Kompasiana: "Asyiknya Snorkeling di Kepulauan Seribu"



Sumber Kompasiana
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X