Kompas.com - 21/10/2015, 15:03 WIB
Pengunjung menjajal sensasi berfoto di menara pandang di atas pohon (spot foto), Kamis (8/10/2015). Terlihat dalam latar foto itu Waduk Sermo, perbukitan Menoreh, serta Gunung Susukan dan Gunung Ijo. KOMPAS.COM/ERIS EKA JAYAPengunjung menjajal sensasi berfoto di menara pandang di atas pohon (spot foto), Kamis (8/10/2015). Terlihat dalam latar foto itu Waduk Sermo, perbukitan Menoreh, serta Gunung Susukan dan Gunung Ijo.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com — Yogyakarta bukan hanya tentang Malioboro, Pantai Parangtritis, ataupun Candi Prambanan. Di kota yang kaya dengan nilai-nilai Jawa ini, ada tempat wisata yang juga menjadi primadona karena keindahan eksotisme alamnya. Ya, tempat tersebut bernama Wisata Alam Kalibiru.

Kalibiru merupakan kawasan hutan yang dikelola masyarakat sekitar dan dijadikan obyek wisata alam. Hutan wisata ini berada di perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Dari Kota Yogyakarta, Kalibiru berjarak sekitar 40 km dan dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang 90 menit. Untuk akses menuju Kalibiru, pengunjung bisa melalui Jalan Wates, kemudian ikuti jalan yang menuju Waduk Sermo. Setelah melewati jalan-jalan tersebut, plang dan papan penunjuk jalan untuk menuju Kalibiru semakin mudah terlihat.

Fasilitas wisata

Di Wisata Alam Kalibiru, pengunjung bisa menikmati pondok wisata, joglo (ruang pertemuan), menara pandang di atas pohon, jalur trekking, dan lintasan flying fox. Saat ini, ada salah satu fasilitas yang tengah menjadi primadona, yakni menara pandang di atas pohon atau disebut juga dengan spot untuk berfoto, yang terdiri atas spot foto 1, spot foto 2, dan spot foto 3.

Dari tempat ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan perbukitan Menoreh yang hijau, panorama Waduk Sermo, serta indahnya Gunung Kukusan dan Gunung Ijo. Selain itu, harmonisasi antara hijaunya hutan dan hamparan berbukit yang luas, indah, dan memesona pun sangat mudah terlihat.

Terkadang, untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung harus mengantre agar mendapat giliran naik dan berfoto di atas pohon. Begitu pun saat KompasTravel berkunjung ke sini. Terlihat beberapa wisatawan tengah menunggu giliran untuk bisa menikmati fasilitas tersebut. Salah satunya Agustin Iriana, pegawai hotel di Yogyakarta.

"Ini untuk kesekian kalinya saya ke Kalibiru. Latar alam untuk berfoto di sini sangat indah dan bagus," kata Iriana saat ditemui KompasTravel di Kalibiru, Kamis (8/10/2015). 

"Selain itu, beberapa wisatawan asing yang merupakan tamu hotel pun sangat menyukai tempat ini," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X