Kompas.com - 22/10/2015, 20:11 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Apa jadinya jika karamel dan teh hijau (green tea) bersatu dalam sebuah hidangan penutup? Ini yang terjadi pada Matcha Creme Brulee, satu dari dua puluh menu baru yang akan diluncurkan Ippudo Indonesia pada November mendatang. Restoran ini berlokasi di Pacific Place 2, Jakarta.

Custard rasa moka dilapisi karamel keras dengan taburan es krim teh hijau dan irisan buah stroberi. Semua disajikan dalam tempat berlapis alumunium foil layaknya penyajian klappertart. Jika dicoba satu demi satu, jangan kaget jika kepala agak berdenyut karena sangat manis. Perlu usaha mengunyah karena tekstur karamel yang keras.

Maka menikmati hidangan ini perlu menyatukan custard, karamel, dan es krim teh hijau dalam satu suap. Es krim teh hijau meski sama manis namun bisa menetralkan kuatnya manis karamel. Tekstur custard sangat lembut dan memberi sensasi dingin di dinding mulut. Kehadiran karamel yang dikeraskan memberi kesan renyah di mulut.

Suapan kedua, coba tambahkan stroberi. Kehadiranya bukan sekadar penghias tetapi juga penyeimbang rasa. Saat dimakan sekaligus, stroberi memberi rasa asam berpadu dengan manisnya karamel dan sedikit aroma sepat teh hijau, rasa yang cukup kaya dalam satu suap.

"Sebagian besar bahan yang kami gunakan dari Indonesia, sekitar delapan puluh persen," ujar Operational Consultant PT. Ippudo Catering Indonesia Ben Sung saat berbicara dengan KompasTravel dalam acara "Special Preview of Ipuddo New Grand Menu" di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Ippudo adalah rumah makan yang menjual hidangan khas Jepang dengan menu andalan ramen. Pada tanggal 2 November mendatang, Ippudo akan meluncurkan dua puluh menu barunya, termasuk Matcha Creme Brulee dan tiga ramen ayam baru Chicken Miso Ramen, Tokyo Shoyu Chicken Ramen, dan Spicy Chicken Ramen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.