Kompas.com - 25/10/2015, 16:21 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Empat sajian makanan Korea mulai tersaji di meja. Ada chicken popcorn, kimchi, tteokbokki, dan jabcay. Dua makanan Korea yakni tteokbokki dan kimchi berwarna bumbu merah yang mendominasi piring plastik hitam. Dari warna, terbayang rasa pedas yang siap menggoyang lidah.

KompasTravel langsung mencicipi sajian masakan Korea di salah satu stan, Samwon Group yang turut meramaikan acara kuliner "Jakarta Foodies Meet" di Puri Orchard, Jakarta Barat. Untuk permulaan, sajian jabcay langsung dilahap. Kuliner ini berbahan dasar bihun yang diolah bersama dagung sapi serta jamur dengan aneka bumbu dan sayuran yang tersaji dalam satu porsi.

"Ada bihun (soun korea), wortel, bawang bombay, dan daun kuchay. Bumbunya bawang putih, kecap asin, garam, dan penyedap rasa. Ini juga ditambah jamur tiram dan daging sapi," jelas Supervisor Operasional Samwon Resto, Siti Muryati kepada KompasTravel saat ditemui di sela-sela acara "Jakarta Foodies Meet" di Puri Orchard, Jakarta, Minggu (25/10/2015).

Ketika sajian jabcay baru terhidang, uap panas mengepul. Seperti kuliner mi, jabcay dinikmati dengan sumpit. Saat mulai dicicipi, jabcay terasa kenyal dan gurih dari bumbu-bumbu olahan. Rasa gurih juga meresap ke dalam irisan daging sapi juga jamur tiram. Hijau daun kuchay menghiasi bihun berwarna coklat.

Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Seporsi tteokbokki yang disajikan di stan Samwon Resto di Jakarta Foodies Meet yang diselenggarakan di Puri Orchard, Jakarta Barat, Minggu (25/10/2015).
Sajian kedua yang sempat dicicipi adalah kimchi. Sekilas jika dilihat dari foto di menu, kimchi seperti daging yang dibumbui pedas. Namun, Muryati atau akrab disapa Murni ini mengatakan bahwa kimchi adalah sawi putih. Kimchi disajikan dengan irisan-irisan sawi putih serta taburan biji wijen. Seporsi kimchi juga berair seperti kuliner yang populer di Bogor yakni asinan.

"Iya ini seperti asinan. Warna merahnya dari bumbu cabe kasar. Namanya Kocukaro. Bagusnya kuliner ini disajikan dingin," lanjutnya.

Kuliner Korea yang satu ini langsung membuat penasaran. Masih dengan bantuan sumpit, lembaran demi lembaran sawi putih langsung masuk menuju mulut dan mulai dikunyah. Rasa asam dan pedas bercampur di lidah. Murni menjelaskan rasa asam berasal dari perendaman sawi putih dengan bumbu-bumbu yaitu minyak ikan, garam, penyedap, gula, kocukaro, dan bawang putih.

"Jadi sebelum dimakan, sawinya direndam dulu pakai air garam supaya lemas. Habis itu dibilas baru dimasukkan bumbu-bumbunya. Kalau lama perendaman dengan bumbu, makin asam," tambahnya.

Masih belum puas, menu selanjutnya adalah tteokbokki yang terbuat dari tepung beras ketan. Ketika mulai dimakan terasa kenyal. Bahan tteokbokki diimpor langsung dari Korea Selatan. Tteokbokki berisi timun, daun bawang, wortel dan rasa pedas dari cabe merah juga cabe hijau. Kuliner Korea ini juga berkuah seperti kimchi. Namun rasa pedas lebih mendominasi. Penyajian tteokbokki juga ditambah kacang wijen seperti kimchi.

"Paling enak (disajikan) pas panas. Sajiannya memang pedas. Tapi (pedasnya) bukan dari kucokaro," ujarnya.

Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Seporsi chicken popcorn kreasi dari stan Samwon Resto di Jakarta Foodies Meet yang diselenggarakan di Puri Orchard, Jakarta Barat, Minggu (25/10/2015).
Kuliner terakhir yang masuk ke dalam perut adalah chicken popcorn. Sepintas mirip dengan ayam goreng tepung hanya berbeda ukuran penyajian yang berbeda dan bumbu cair yang dihidangkan bersama. Bumbu cair itu adalah teman menyantap chicken popcorn yang terasa asin dan manis.

Untuk mencicipi kuliner-kuliner Korea di stan Samwon, pengunjung bisa datang ke Jakarta Foodies Meet di Puri Orchard, Jakarta Barat hari ini hingga pukul 22.00 WIB. Jika ketinggalan, pengunjung juga dapat hadir pada minggu depan tanggal 31 Oktober dan 1 November 2015 di tempat yang sama.

Harga seporsi kimchi yaitu Rp 10.000, chicken popcorn Rp 25.000, tteokbokki Rp 25.000, dan jabcay Rp 15.000. Selain itu, di stan Samwon juga terdapat aneka makanan dan minuman ringan dari Korea seharga Rp 15.000. Harga ini hanya berlaku khusus pameran kuliner Jakarta Foodies Meet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.