Kompas.com - 26/10/2015, 15:00 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
MINAHASA UTARA, KOMPAS.com - Kini warga Minahasa Utara dapat tersenyum lebar. Pemerintah daerah memprioritaskan obyek wisata bahari untuk menarik wisatawan. Pantai Pal, terletak di desa Marrinsow, Kecamatan Likupang Timur, jadi saksi pertama Minahasa Utara bangkit mengembangkan wisata bahari.

Tersembunyi di balik bukit, Pal wajib dikunjungi saat menginjak tanah Minahasa. Terletak kurang lebih 31 Kilometer dari Bandar Udara Sam Ratulangi Manado, Pantai Pal menawari sejumlah kemanjaan mata. Mulai dari pasir putih, air laut yang jernih, serta wahana wisata bahari seperti snorkeling, diving, dan permainan air turut serta meramaikan pantai yang belum lama dikembangkan ini.

"Ini pantainya kata teman bagus. Ternyata benar, sampai ke sini nggak kecewa," kata Maria (18), mahasiswi Universitas Negeri Manado di Pantai Pal, Minggu (25/10/2015).

Pantai Pal sendiri baru mencuat ke khalayak pada aval tahun 2015. Kondisi pantai yang bersih dan cukup luas, jadi daya tarik warga Minahasa Utara dan sekitarnya untuk berkunjung. Saat pertama kali booming, pantai di Minahasa Utara ini minim fasilitas. Tak ada tempat untuk berteduh atau pun fasilitas pemandian.

Melihat antusiasme warga dan kurangnya fasilitas, pemda setempat akhirnya turun tangan. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara Vemi Pangkerego menjelaskan pantai baru ini langsung dilirik pemerintah untuk dijadikan tempat Festival Bunaken 2015. Ia pun memberanikan diri datang ke Kementerian Pariwisata untuk meminta dukungan terselenggaranya acara tahunan ini.

"Intinya buat promosi. Jadi sering ada yang tanya, Minahasa Utara itu ada di sebelah mana di peta? Itu lah sebabnya saya mampir ke kementerian dan kami mangat membutuhkan promosi wisata bahari. Kebetulan ada ketersediaan anggaran untuk itu," kata Vemi di Pantai Pal, Minggu (25/10).

Meskipun Bunaken tarletak di Manado, Sulawesi Utara. Namun, pemerintah provinsi telah menetapkan sejumlah tempat di Minahasa Utara masuk dalam kawasan Taman Laut Bunaken.

"Jadi Bunaken itu sudah ditetapkan ada beberapa titik masuk di Bunaken, yakni di Pulau Naeng, Mantehage dan kawasan pinggir Pantai Wori. Ini (Pantai Pal) masuk kategori ini," kata Vemi.

Target saat ini dari pemerintah untuk Pantai Pal yakni menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Pada beberapa kesempatan, misalnya pada hari Sabtu dan libur, pantai ramai dikunjungi.

"Tapi kami juga sadar soal infrastruktur jalan yang masih belum baik untuk menuju pantai ini. Tahun depan kami sudah kerjasama dennen SKPD terkait, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum juga Dinas Kelautan untuk memperbaiki akses," kata Vemi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.