Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosi Wisata di Sungai Martapura

Kompas.com - 26/10/2015, 19:51 WIB
MARTAPURA, KOMPAS - Kontes jukung atau perahu hias digelar Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, untuk mendongkrak wisata di daerah itu, Sabtu (24/10/2015).

Kontes yang diselenggarakan di Sungai Martapura itu diikuti lebih dari 300 pedagang yang biasa berjualan di atas perahu di Pasar Terapung Lok Baintan.

Para pedagang yang mulai berjualan setelah shalat subuh atau sekitar pukul 05.30 Wita memadati Dermaga Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk.

Meskipun kabut asap menyelimuti Sungai Martapura, para pedagang tetap antusias mengikuti kontes.

Mereka menata barang jualan di atas jukung dengan berbagai kreasi, dan mengenakan penutup kepala topi tanggui dengan hiasan unik dan menarik.

Masitah (38), pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan, menyatakan, ia menyambut dengan senang hati berbagai kegiatan yang melibatkan para pedagang pasar terapung.

Ulun (saya) berharap kegiatan seperti ini bisa terus diadakan supaya banyak orang yang datang ke pasar terapung,” kata juara pertama kontes jukung hias ini.

Menurut Salasiah (41), pedagang lainnya, pasar terapung tidak akan mati jika banyak orang yang datang dan berbelanja.

”Kami turun-temurun berjualan menggunakan jukung. Kalau ulun sudah tidak mampu lagi berjualan, yang meneruskan anak dan menantu,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com