Kompas.com - 27/10/2015, 08:31 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Provinsi Bali akan melakukan uji sertifikasi terhadap 20 ribu pekerja pariwisata pada tahun 2015.

"Untuk tahun ini, tenaga kerja khususnya pariwisata di Bali akan melakukan uji sertifikasi. Jumlahnya 20 ribu orang," kata Kadisnaker Bali, I Gusti Agung Sudarsana, di  Denpasar, Senin (26/10/2015).

Uji Sertifikasi akan dilakukan oleh LSPP3 atau Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 3 yang terdiri dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Bali, KSP Pariwisata Indonesia dan LSP Pariwisata Bali Indonesia.

"Mudah-mudahan dari jumlah yang akan diuji nantinya bisa lolos. Setidaknya sebagian besar karena mereka sudah bidangnya yang setiap hati dikerjakan bertahun-tahun," kata Sudarsana.

Untuk saat ini yang dinyatakan sudah kompeten melakukan uji sertifikasi adalah di Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Bangli, dan beberapa di Kabupaten Karangasem.

Secara bertahap, Bali akan menambah uji sertifikasi dengan pengajuan ke Badan Sertifikasi Nasional Pusat (BNSP) untuk tenaga kerja lain di beberapa kabupaten di Bali yang siap untuk uji sertifikasi.

Dana untuk uji sertifikasi 20 ribu tenaga kerja pariwisata di Bali yang diberikan BNSP kepada LSPP3 sekitar Rp 9,5 miliar.

Diharapkan dengan sertifikasi ini akan menjadikan tenaga kerja khususnya di bidang pariwisata di Bali memiliki sertifikat yang siap bersaing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.