Kompas.com - 27/10/2015, 10:41 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
MANADO, KOMPAS.com - Percaya atau tidak, nama Bunaken kini tak lagi setenar dahulu. Destinasi wisata bahari di Manado tersebut seakan mulai kehilangan panggungnya. Bukan tanpa sebab Bunaken terus tergerus.

Kurangnya promosi dari pemerintah daerah dan pemilik tempat penginapan ditengarai jadi salah satu faktor Bunaken sepi peminat.

Salah seorang pemimpin wisata ke Bunaken, Leon (29), mengakui Bunaken kini sepi peminat. Kondisi tersebut berangsur menurun setahun setelah adanya upacara pengibaran bendera Merah Putih oleh 2.000 penyelam di bawah laut di Bunaken pada 17 Agustus 2009 silam.

"Satu tahun setelah itu sampai sekarang terus menurun. Dulu satu minggu bisa 1.000 sampai 2.000 orang. Sekarang hanya 500 orang per minggu yang kunjungi Bunaken," kata Leon kepada KompasTravel di Bunaken, Senin (26/10/2015).

KOMPAS.COM/KAHFI DIRGA CAHYA Wisatawan snorkeling di salah satu tempat menyelam di Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara.
Padahal, keindahan Bunaken belum punah sepeser pun. Biota laut, mulai dari terumbu karang hingga hewan masih bisa dinikmati dengan menyelam atau sekadar snorkeling (selam permukaan).

Terdiri dari 5 pulau, Taman Nasional Bunaken memiliki kurang lebih hampir 50 diving spot (tempat menyelam). Lima pulau tersebut yakni Bunaken, Manado Tua, Siladen, Montehage dan Nain.

Dengan waktu tempuh 45 menit dari dermaga di Manado, perjalanan laut ke Bunaken takkan terbuang sia-sia.

Saat ini, hampir 90 persen tempat menyelam Bunaken masih dijamin keindahannya. Para penyedia jasa wisata pun kini bersepakat untuk turut melestarikan wisata laut tersebut.

Salah satunya dengan tidak semua spot diving dipakai untuk snorkeling.

ARSIP TEKNO BOLANG Salah satu tempat menyelam di dekat Dermaga Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara.
Wisatawan yang hendak snorkeling biasanya akan diberikan tempat bernama Liang. Tempat dengan kedalaman lima sampai sepuluh meter tersebut masih bisa dinikmati pandangan mata tanpa harus menyelam terlalu dalam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.