Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taksi di London Promosikan Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 27/10/2015, 12:25 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Ratusan taksi di London, Inggris yang dikenal dengan sebutan "black cab" mempromosikan pariwisata Indonesia di pintu dan badan taksi dengan pemasangan berbagai gambar obyek wisata seperti Candi Borobudur, Raja Ampat Papua dan Tanah Lot Bali.

Direktur Komunikasi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata, Noviendi Makalam kepada Antara London, Selasa (27/10/2015) menyebutkan setidaknya 190 taksi yang menjadi ikon dan populer di London mempromosikan obyek wisata di Indonesia.

Promosi "Wonderful Indonesia" dipasang di badan taksi selama satu bulan, dua minggu sebelum dan dua minggu setelah pelaksanaan pameran pariwisata World Tourism Market (WTM) 2015 yang berlangsung di Gedung Excel London 2-5 November 2015.

Selain promosi di taksi, Kementerian Pariwisata dengan brand "Wonderful Indonesia" juga beriklan di BBC World News berbentuk TV komersial sejak bulan September hingga Desember 2015.

Video promosi berdurasi 30 detik dan 60 detik yang menampilkan berbagai keindahan obyek wisata di Indonesia itu ditayangkan sejak 26 September lalu.

Menurut Noviendi Makalam, iklan "Wonderful Indonesia" adalah upaya Kementerian Pariwisata dalam meningkatkan brand awareness di mata masyarakat Inggris dan 188 negara lainnya yang berpartisipasi dalam WTM London.

Selain itu, upaya ini juga untuk menarik mata wisatawan mancanegara yang sedang berwisata di salah satu kota paling diminati di dunia itu.

Diharapkan dengan gencarnya iklan "Wonderful Indonesia" baik di kalangan bisnis yang berpartisipasi dalam WTM London dan juga pemasangan iklan "Wonderful Indonesia" dalam official daily news letter WTM, dunia diingatkan bahwa ada sebuah tempat wisata indah yakni Indonesia.

Kendaraan beroda empat yang sangat unik dengan tulisan "Taxi" di bagian atasnya merupakan kendaraan khas London, Inggris yang terkadang disebut hackney carriage atau black cab mendapat beragam penghormatan sebagai salah satu fasilitas publik yang terjaga kualitasnya.

Pengemudinya diwajibkan memiliki pengetahuan mendasar kota London, mulai dari nama jalan, restoran, kantor pemerintahan, monumen, ataupun gereja dan masjid.

Tercatat sebanyak 190 black cab mempromosikan Wonderful Indonesia. Bersama tulisan itu, terukir "Pure Paradise" di bagian sisi depan taksi.

Selanjutnya tercantum logo "Wonderful Indonesia" di pintu depan bersama alamat situs resmi pariwisata Indonesia, www.indonesia.travel. Lengkap dengan gambar orang berselancar di bagian pintu belakang taksi.

Kementerian Pariwisata berupaya menjaring wisatan Inggris dalam WTM 2015. Indonesia menargetkan sebanyak 200.000 wisatawan dari Inggris. Target tersebut diharapkan tercapai  melalui promosi di black cab itu.

Taksi tersebut diatur agar banyak beroperasi di daerah-daerah yang menjadi landmark kota London seperti pusat-pusat keramaian wisatawan seperti di Oxford Street.

Selama ini black cab begitu disukai para turis untuk mengantar mereka berkeliling Kota London.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com