Kompas.com - 28/10/2015, 08:09 WIB
EditorI Made Asdhiana
MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2016 menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu mencapai 3 juta orang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram, Selasa (27/10/2015), mengatakan target kunjungan itu tidak terlepas dengan penghargaan yang diraih NTB di ajang World Halal Travel Award di Uni Emirat Arab.

Dalam ajang itu, NTB diwakili Lombok meraih dua penghargaan sebagai daerah tujuan wisata halal terbaik di dunia dan wisata bulan madu halal terbaik di dunia 2015.

"Apa yang dicapai Lombok diyakini akan mendongkrak kunjungan wisatawan untuk datang ke NTB. Bahkan, Kementerian Pariwisata berharap banyak kepada NTB mampu menyumbang kenaikan kunjungan wisatawan ke Indonesia," kata Faozal.

"Ditetapkannya NTB sebagai destinasi halal terbaik dunia telah mengubah peta pasar pariwisata di Asia. Kini, Lombok sudah dilirik oleh tour travel yang mengelola muslim traveler di negara muslim maupun nonmuslim," jelasnya.

BARRY KUSUMA Pulau Satonda di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Ia mengatakan pangsa pasar wisata halal tidak lagi hanya wisatawan muslim karena orang-orang kaya di Eropa, dan Amerika setiap tahun akan mencari lokasi bepergian.

"Lombok dapat sebagai alternatif tujuan wisata sehingga peta pariwisata mulai berubah tidak lagi diwakili Malaysia dan Singapura, tetapi sekarang ada Lombok," ujarnya.

Kendati demikian, mantan Kepala Museum NTB mengatakan, untuk bisa mencapai target 3 juta wisatawan tentu pekerjaan berat yang harus bisa disiasati pemerintah daerah.

Salah satunya adalah melakukan pembenahan di destinasi wisata dan pelayanan seperti persoalan keamanan dan kenyamanan. Sebab, jika tidak dipelihara maka kepercayaan wisatawan bisa ikut turun.

Selain itu, konektivitas penerbangan menuju Lombok perlu dibenahi hingga saat ini penerbangan dari berbagai negara menuju Lombok belum tercukupi.

KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYAT Pendakian sisi timur Gunung Barujari di kaldera Gunung Rinjani (3.726 m), Jumat (30/9/2011). Rinjani merupakan bagian dari Gunung Samalas yang meletus hingga melumpuhkan dunia pada tahun 1257. Superletusan mengakibatkan terbentuknya kaldera dan danau.
"Tanpa dukungan konektivitas mustahil juga angka kunjungan bisa dicapai. Karenanya, dukungan pemerintah dan maskapai sangat diperlukan daerah," imbuhnya.

Faozal mengatakan menyongsong kunjungan tiga juta wisatawan di tahun 2016, NTB akan mengangkat tema "Pesona Lombok-Sumbawa" menggantikan "Visit Lombok Sumbawa" sebagai jargon NTB menarik minat wisatawan.

"Dengan tagline baru nanti, kami optimis angka kunjungan tiga juta wisatawan ke NTB bisa tercapai," tambah Faozal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.