Kompas.com - 28/10/2015, 10:30 WIB
EditorI Made Asdhiana
PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengharapkan generasi muda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut melestarikan seni dan budaya tradisional.

"Jangan sampai perkembangan globalisasi informasi membuat kita melupakan seni budaya tradisional yang kita miliki secara turun temurun," kata Imam Nahrawi di Pangkal Pinang, Selasa (27/10/2015).

Ia mengatakan, peran generasi muda dalam melestarikan seni budaya ini sangat penting sebagai cermin dan jati diri bangsa itu sendiri.

"Jika tidak adanya keinginan dan upaya pemuda untuk mempelajari dan melestarikan seni tradisional, maka seni tradisional kita akan hilang dan dipastikan akan tergerus zaman," ujarnya.

Menpora juga mendorong pemuda berupaya agar negara lain mau mempelajari budaya Indonesia dengan syarat tidak menghilangkan semangat nasionalisme.

"Kita mempunyai kekayaan seni budaya yang beragam yang tidak terhitung jumlahnya dan semua ini harus dipertahankan dan dilestarikan," ujarnya.

Imam Nahrawi juga mengharapkan pemuda Bangka Belitung dapat memanfaatkan kekayaan alam secara maksimal.

Misalnya sumber daya alam batu akik, jika diolah secara baik tentu akan memiliki nilai jual tinggi.

"Pemuda harus mampu berkreasi, berinovasi guna mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang berlimpah ini," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.