Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Minta Pemuda Babel Lestarikan Seni Budaya

Kompas.com - 28/10/2015, 10:30 WIB
PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengharapkan generasi muda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut melestarikan seni dan budaya tradisional.

"Jangan sampai perkembangan globalisasi informasi membuat kita melupakan seni budaya tradisional yang kita miliki secara turun temurun," kata Imam Nahrawi di Pangkal Pinang, Selasa (27/10/2015).

Ia mengatakan, peran generasi muda dalam melestarikan seni budaya ini sangat penting sebagai cermin dan jati diri bangsa itu sendiri.

"Jika tidak adanya keinginan dan upaya pemuda untuk mempelajari dan melestarikan seni tradisional, maka seni tradisional kita akan hilang dan dipastikan akan tergerus zaman," ujarnya.

Menpora juga mendorong pemuda berupaya agar negara lain mau mempelajari budaya Indonesia dengan syarat tidak menghilangkan semangat nasionalisme.

"Kita mempunyai kekayaan seni budaya yang beragam yang tidak terhitung jumlahnya dan semua ini harus dipertahankan dan dilestarikan," ujarnya.

Imam Nahrawi juga mengharapkan pemuda Bangka Belitung dapat memanfaatkan kekayaan alam secara maksimal.

Misalnya sumber daya alam batu akik, jika diolah secara baik tentu akan memiliki nilai jual tinggi.

"Pemuda harus mampu berkreasi, berinovasi guna mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang berlimpah ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com