Kompas.com - 29/10/2015, 16:02 WIB
Jalur pendakian Gunung Parang, Taraje yang disusun dari kayu-kayu pepohonan membentuk tangga. Arsip Badega Gunung ParangJalur pendakian Gunung Parang, Taraje yang disusun dari kayu-kayu pepohonan membentuk tangga.
|
EditorI Made Asdhiana
PURWAKARTA, KOMPAS.com - Para wisatawan yang datang ke Gunung Parang, Purwakarta dapat mencoba jalur pendakian baru yakni Taraje di sisi selatan menuju Puncak Gunung Parang Tower Satu.

Terdapat tiga harga yang ditawarkan untuk para wisatawan oleh pihak pengelola mencakup tiket masuk dan pemandu wisata.

"Tiket masuknya terjangkau. Setiap orang dikenakan 10 ribu. Itu belum termasuk pemandu wisata," kata Ketua Pengelola Badega Gunung Parang, Wawan Lukman Hidayat kepada KompasTravel saat ditemui di Purwakarta, Jawa Barat beberapa hari lalu.

Wawan mengatakan jika para wisatawan memerlukan bantuan pemandu untuk mendaki hingga puncak, pihak pengelola menawarkan fasilitas tersebut.

Harga yang dikenakan untuk biaya pemandu wisata yakni Rp 50.000 hingga pos pendakian Puncak Batu Cangkuang.

"Kalau (ditemani) sampai puncak Tower Satu itu 100 ribu. Itu untuk harga satu orang pemandu," ungkapnya.

Pihak pengelola yakni Badega Gunung Parang telah membuka jalur pendakian tersebut sejak bulan Agustus.

Untuk mendaki melewati jalur Taraje, lanjut Wawan, para wisatawan akan menempuh perjalanan selama 1-2 jam sebelum tiba di puncak

Gunung Parang terletak di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dan juga terletak di dekat Waduk Jatiluhur.

Gunung Parang yang merupakan jenis gunung batu dengan jenis batu andesit memiliki tiga puncak yang masing-masing memiliki perbedaan ketinggian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.