Kompas.com - 29/10/2015, 17:34 WIB
EditorI Made Asdhiana
MANGGAR, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke obyek wisata Laskar Pelangi di Desa Lenggang, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, terpengaruh kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Sumatera dan sekitarnya.

"Sudah satu bulan terakhir ini, kunjungan (wisatawan) sepi," kata Sugino, selaku penanggung jawab Galeri Laskar Pelangi di Desa Lenggang, Kecamatan Gantong, Belitung Timur, Rabu (28/10/2015).

Ia menyebutkan bahwa dalam sehari obyek wisata berupa replika bangunan SD Muhammadiyah Gantong yang menjadi tempat sekolah bagi Ikal dan kawan-kawan sebagaimana diceritakan dalam film "Laskar Pelangi" itu bisa dikunjungi sekitar 200 orang.

Bahkan bila akhir pekan jumlah kunjungan wisatawan bisa mencapai 500 orang dari berbagai daerah, terutama dari luar Belitung.

"Namun sekarang sepi. Apalagi dua hari yang lalu sampai sekarang beberapa penerbangan ke Belitung dibatalkan akibat kabut asap," ujarnya.

Replika dua unit kelas yang disanggah batang pohon kayu karena hampir roboh itu dibangun atas swadaya masyarakat Desa Lenggang.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Museum Kata Andrea Hirata di Desa Lenggang, Gantong, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.
Sekolah itu pun didirikan pada 2012 di atas lahan desa setempat yang dulunya bekas tambang timah. Replika itu dibangun berjarak sekitar 200 meter dari gedung SD Muhammadiyah Gantong yang berdindingkan tembok.

Replika tersebut sebelumnya dikelola oleh desa setempat kemudian diambil alih oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Timur.

"Tadinya setiap pengunjung dikenai tiket masuk dan obyek wisata ini dikelola oleh Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Tapi sekarang sudah tidak lagi," ungkap Sugino.

Di sekitar obyek wisata tersebut, Pemkab Belitung Timur membangun beberapa fasilitas pendukung, seperti kedai, tempat parkir kendaraan bermotor, dan kamar kecil.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.