Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersepeda di Kaki Langit Himalaya - 2

Kompas.com - 30/10/2015, 09:20 WIB
Wartawan Warta Kota, Max Agung Pribadi melakukan penjelajahan bersepeda seorang diri ke kawasan Pegunungan Himalaya di India pada 28 September-17 Oktober 2015.

Berikut seri ke-2 laporannya yang disajikan dalam 10 tulisan.

*****

RASA ingin tahu tentang Kashmir membuatku semakin mantap memulai penjelajahan Himalaya dari Srinagar. Kukumpulkan semua informasi mengenai jalan yang menghubungkan Srinagar dengan kota Leh sampai Manali sepanjang sekitar 1.000 kilometer itu.

Jalan yang menjadi jalur suplai logistik militer India tersebut juga menjadi urat nadi perekonomian kawasan India bagian utara karena menghubungkan tiga kota besar yaitu Srinagar, Leh, dan Manali.

Uniknya, dalam sepotong jalur itu kita akan menemui sekurangnya tiga kebudayaan besar yang berbeda. Kashmir yang bernuansa Islam akan berganti Buddha Tibetan saat memasuki wilayah Ladakh atau Leh, dan pengaruh Hindu di kawasan Jammu juga menyebar ke sejumlah daerah di sekitar Ladakh.

Dalam setahun jalur tersebut hanya dibuka enam bulan yaitu di luar musim dingin yang berlangsung mulai pertengahan Oktober sampai Mei tahun berikutnya.

Kondisi jalur antara jalan beraspal, tanah, lumpur, bebatuan dan salju. Jalur itu juga melintasi sejumlah celah gunung atau pass berketinggian di atas 5.000 meter.

MAX AGUNG PRIBADI Longsoran tebing batu seperti ini sering terjadi di sepanjang jalur Srinagar, Leh, dan Manali di India.
Pada ruas Leh-Manali, jalur melintasi kawasan dengan ketinggian rata-rata di atas 4.200 meter dengan titik tertinggi di Taglang La (5.350 meter).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com