Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, November Ini Ada Festival Budaya Bahari Wakatobi

Kompas.com - 30/10/2015, 11:45 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Budaya Bahari Wakatobi Wave (Wonderful Festival and Expo) 2015 akan hadir pada November 2015. Acara festival ini akan dipusatkan di Pulau Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara pada tanggal 22, 26, 27, dan 28 Oktober 2015.

"Acara ini adalah budaya maritim paling akbar se-Sulawesi Tenggara. Kita akan menampilkan acara-acara budaya bahari," kata Bupati Wakatobi, Hugua dalam acara "Launching Wakatobi Wave" di Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Adapun acara-acara yang diselenggarakan adalah kegiatan budaya berupa Prosesi Akbar Kariaa Wakatobi yang menampilkan Lengko, Kandadio, dan Kansoda'a, Tarian Kolosal, dan Liwo Raksasa.

Selain itu, acara lainnya di Wakatobi Wave adalah Lomba Foto Pesona Bidaya dan Alam Pesisir Wakatobi, pameran foto, Balapan Bodi Batang, Parade Parahu Hias, Pagelaran Musik Tradisional dan ditutup dengan kegiatan Triathlon.

"Ini festival pertama kami. Selanjutnya bisa jadi agenda tahunan," kata Hugo.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan Wakatobi memiliki atraksi wisata alam yang menarik para wisatawan. Sehingga, menurut Arief, promosi acara Wakatobi, tak perlu dikhawatirkan.

"Atraksi alam Wakatobi itu nomor satu di dunia," katanya.

Wakatobi merupakan salah satu dari 18 kabupaten atau kota di provinsi Sulawesi Tenggara. Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau besar dan berpenghuni di Wakatobi meliputi Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com