Kompas.com - 30/10/2015, 12:38 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Cuaca panas, paling cocok minum yang segar-segar, misalnya es pala. Es pala yang berada di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor ini, wajib dicicipi saat tenggorokan Anda rasa mulai kering.

Serutan buah pala yang rasanya asam, disajikan dengan air gula dan es batu ini menambah kenikmatan siang Anda. Lapak sederhana yang bertahan sejak tahun 1943 ini, sudah melewati tiga generasi.

"Dulu itu awalnya dari kakek saya, kemudian bapak saya, baru sekarang ini ke saya. Sudah sekitar 72 tahun, dari zamannya masih bemo," kata Aisyah, penjual es pala kepada TribunnewsBogor.com.

es pala
Kedai ini selalu ramai didatangi pembeli pada siang hari. (Tribunnewsbogor/Vivi Febrianti)
Dulu, kata dia, ayahnya memiliki tiga cabang Es Pala di Bogor. Namun kemudian gulung tikar dan akhirnya hanya bertahan satu lapak di Gang Aut.

"Dulu saya jualan di Tanah Abang Jakarta, tapi setelah Bapak saya meninggal, saya pindah ke sini gantikan Bapak," ujarnya.

Selain es pala, Aisyah juga menyediakan minuman lainnya seperti es jeruk, es mangga, dan es kelapa. "Kalau mangga kan musiman, kalau sudah nggak musim biasanya diganti dengan buah kemang," jelasnya.

es pala

Es Pala Bu Aisyah, bisa disajikan dengan kombinasi, seperti es pala campur mangga, es pala campur kelapa, dan es pala campur sirsak.

"Di sini paling banyak biasanya es pala campur kelapa dan es pala campur mangga," ujarnya.

Satu gelas Es Pala, harga yang ditawarkan cukup murah, yakni Rp 5.000 saja. Untuk mencapai Es Pala Bu Aisyah, bisa melewati Jalan Suryakencana, kemudian belok kanan di simpang Gang Aut. Dari Gang Aut, masuk sedikit ke dalam sekitar tujuh meter, dan lokasinya berada di samping kiri jalan. (TribunnewsBogor.com, Vivi Febrianti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.