Kompas.com - 31/10/2015, 11:21 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda dan buah hati belum ada rencana berwisata akhir pekan di Jakarta, acara Festival Dongeng Internasional Indonesia 2015 yang diselenggarakan di Museum Nasional bisa jadi pilihan. Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Ayo Dongeng dan dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai 17.00 WIB selama dua hari yakni pada tanggal 31 Oktober 2015 dan 1 November 2015.

Berbagai acara mulai dari kelas dongeng, kriya, taman cerita, pasar cerita, pertunjukan dongeng, dan dongeng negeri tetangga bisa Anda dan anak-anak jumpai di Festival Dongeng Internasional Indonesia 2015. Acara ini dimeriahkan oleh para pendongeng baik dari dalam maupun luar negeri.

"Ini acara festival ketiga kami sejak tahun 2012. Tapi yang bersifat internasional baru tahun ini. Jadi yang pertama kita mengundang pendongeng dari luar negeri," kata Communications & Media Relation Festival Dongeng International Indonesia 2015, Nina Masidi saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (31/10/2015).

Nina mengatakan anak-anak dan orang tua dapat mengikuti workshop mendongeng, kegiatan mewarnai, menggambar, dan mendengarkan dongeng-dongeng dari para pendongeng dan komunitas dongeng pada acara-acara pada festival ini.

"Kalau workshop hari ini, kita mau ajak orang tua kembali mendongeng untuk anak. Bagaimana cara mendongeng dan memilih cerita yang baik," katanya. Pada acara ini sejumlah pendongeng dijadwalkan mengisi acara dongeng pada esok hari Minggu (1/11/2015) seperti Legenda Pendongeng Indonesia Pak Raden, Kak Aio, Jeeva Raghunath (India), Sheila Wee (Singapura), Ng Ko Keong (Malaysia), Nanang HP, Winson The Storyteller Family, Winnie & Winna Puppetaria, dan Rona Mentari. Namun Pak Raden tutup usia pada Jumat (30/10/2015) malam pukul 22.30 WIB.

"Pak Raden, kami kaget dapat kabar semalam tutup usia. Kami ikut terpukul dengar beliau sudah tiada. Dia orang yang sangat dekat dengan komunitas kami," ungkapnya.

Pengunjung yang ingin mengajak anak-anak datang ke acara ini tidak dikenakan biaya masuk ke acara festival. Pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk Museum Nasional sebesar Rp 5.000.

Nina mengatakan khusus orang tua yang ingin mengikuti workshop mendongeng, dapat langsung mendaftar langsung di lokasi. Sementara untuk mengikuti dongeng dari para pendongeng internasional pada Minggu (1/11/2015), pengunjung dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000.

"Untuk workshop, pendaftarannya Rp 150.000 untuk satu sesi, Rp. 250.000 untuk dua sesi. Dongeng dari pendongeng internasionalnya, dalam bahasa Inggris. Nanti ada penerjemahnya," tutup dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.